42 Remaja Usia 17 Tahun di Bengalon Terima Kado KTP-el Disdukcapil Kutim

  • Whatsapp
Sekda) Irawansyah menyerahkan KTP secara simbolis, kepada warga yang baru berusia 17 tahun. Optimalkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Disdukcapil Kutim Serahkan 42 KTP Baru di Bengalon

AKTUALBORNEO.COM – Dalam upaya meningkatkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melaksanakan penyerahan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) pada 42 warga berusia 17 tahun di Kecamatan Bengalon.

Sekertaris Daerah (Sekda) Irawansyah menyerahkan KTP secara simbolis, kepada warga yang baru berusia 17 tahun.

Penyerahan itu berlangsung di desa Tepian Baru, Kecamatan Bengalon disaksikan unsur muspika dan tamu undangan lainnya. Acara tersebut juga dirangkai dengan peresmian GOR Desa Tepian Baru, penyerahan BLT dan Pengukuhan PJ Kades Tepian Baru, Kecamatan Bengalon.

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutim Heldy Frianda menjelaskan pencetakan KTP-el merupakan upaya Disdukcapil Kutim dalam melayani kebutuhan masyarakat.

“Alhamdulillah, Senin (7/9/2020) kemarin, 42 keping KTP el sudah diserahkan secara simbolis oleh pak Seskab (Irawansyah) kepada pihak kecamatan Bengalon, saudara M Harun Al Rasyid,” ungkap Heldy.

Heldy mengemukakan 42 keping KTP el itu untuk masyarakat yang baru berusia 17 tahun, kemudian selebihnya KTP-el akan dikirim dihari berikutnya. Ia juga menyatakan beberapa KTP-el yang sudah dicetak bakal secara terus-menerus didistribusikan ke kecamatan dan desa.

“Sehingga proses penukaran atau pengambilan KTP-el dapat berlangsung tertib, efektif dan tepat sasaran,” ujar Heldy.

Kegiatan ini juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat bahwa dokumen kependudukan itu adalah hak bagi warga negara mulai baru lahir sampai dengan meninggal, semua warga membutuhkan dokumen kependudukan yang memuat catatan data kependudukan pribadi dan peristiwa penting dalam kehidupannya.

Masyarakat diharapkan sadar akan pentingnya administrasi kependudukan (Adminduk) untuk memanfaatkan data kependudukan (pendekatan kebijakan satu data/one  data policy), serta sadar melayani administrasi kependudukan yang membahagiakan masyarakat.

Untuk diketahui, Disdukcapil Kutim di kecamatan Bengalon juga melaksanakan “DUK TAGANA” Dukcapil Tanggap Bencana kepada korban kebakaran di Sepaso dengan mencetakkan KTP-el, KK, serta Akta Kelahiran warga yang tekena musibah kebakaran beberapa waktu lalu. (Vitri/ab).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *