75 Peserta Ikuti Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Yang Digelar Oleh Dispar Kutim

AKTUALBORNEO.COM – Sebanyak 75 peserta mengikuti Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata garapan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pada Jumat (19/06/2023) di ruang Pelangi Hotel Royal Victoria Sangatta Utara.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 19 hingga 21 Mei 2023 ini dibuka oleh Kepala Dispar Kutim Nurullah, yang turut dihadiri oleh Kepala Bappeda Kutim Noviari Noor, perwakilan beberapa Perangkat Daerah (PD) serta undangan lainya.

Dalam sambutannya, Kepala Dispar Kutim Nurullah mengatakan, sebagai salah satu sektor penggerak perekonomian, pariwisata menyumbang kontribusi yang sangat besar bagi sebuah negara. Geliat pariwisata dan pergerakan jutaan orang dalam perjalanan wisata secara tidak langsung juga menuntut pemerintah bersama pengelola destinasi wisata, Untuk terus konsisten meningkatkan kualitas pariwisatanya.

“Baik dari sisi destinasi, industri, kelembagaan, maupun pemasarannya, ” ujarnya.

Dalam pengembangan perekonomian pariwisata, termasuk dalam tata kelola destinasi pariwisata menjadi aspek penting dalam memulai usaha. Selain itu, untuk menjalankan atau mendirikan suatu usaha, diperlukan sejumlah Pengetahuan dan pengalaman yang memadai.

“Termasuk penyusunan paket kunjungan wisata, strategi penerapan pasar destinasi, penetapan harga jual produk usaha maupun branding produk wisata untuk menunjang daya saing pariwisata, ” bebernya.

Untuk itu, diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para peserta yang berasal Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis), pelaku usaha pariwisata, penggiat wisata, serta pecinta alam yang ada di Kutim ini, bisa meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan pariwisata yang ada, tidak hanya, akan memberikan dampak bagi pertumbuhan kunjungan wisatawan yang datang ke Kutim, namun juga akan berimbas pada perekonomian bagi masyarakat Kutim secara umum. (*)

75 Peserta Ikuti Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Yang Digelar Oleh Dispar Kutim

Pos terkait