Agusriansyah Ridwan: Beasiswa Merupakan Langkah Pemkab Kutim Untuk Memacu Kualitas SDM

AKTUALBORNEO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) nampaknya menyadari betul pentingnya memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu berdaya saing dalam proses pembangunan.

Berbagai program yang diluncurkan oleh Pemkab Kutim dibawah kepemimpinan Ardiansyah Sulaiman – Kasmidi Bulang (AS-KB) untuk terus menggenjot peningkatan SDM yang menjadi aktor utama dalam melanjutkan pembangunan di daerah.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim yang saat ini gencar meluncurkan program beasiswa, yang tidak hanya diberikan kepada siswa – siswa dan juga mengarah kepada guru – guru yang menjadi garda terdepan dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat.

Melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Disdikbud Kutim memberikan program beasiswa kepada 450 guru – guru terutama kepada guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Program tersebut akan diberikan kepada 190 guru yang belum memiliki ijazah S1, Kemudian 197 guru yang memiliki ijazah S1 tapi belum linear dengan profesi yang saat ini mereka tekuni.

Kemudian program S2 akan diberikan kepada 84 guru Inklusi (berkebutuhan khusus). Untuk diketahui RPL adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, non formal, informal dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Menanggapi hal tersebut, Legislator Kutim dari Partai PKS Agusriansyah Ridwan mengatakan program beasiswa merupakan salah satu langkah yang sudah diambil oleh Pemerintah yang bertujuan untuk terus memacu peningkatan kualitas SDM, terutama tenaga didik.

“Program ini kan sudah ada sejak lama, Mungkin (RPL) ini peningkatan dalam upaya percepatan, selain itu salah satu faktor yang menyebabkan kompetensi guru dan mutu pendidikan, diantaranya kualifikasi akademik yang terpenuhi dari semua tenaga pendidik”, Ujarnya, Senin, 24/06/2024.(*Red.Adv).

 

 

Pos terkait