AJKT Siap Gelar UKW Tingkatkan Kompetensi Jurnalis

AKTUALBOREO.COM – Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) siap menggelar uji kompetensi wartawan (UKW). Merangkul 30 peserta, kegiatan tersebut akan dilangsungkan di Hotel Victoria Sangatta, 13-14 November 2021.

Menggandeng PT Aksara Solopos dan MZK institute, serta sponsor utama dari PT Kaltim Prima Coal (KPC), AJKT menggelar tiga jenjang UKW. Tercatat ada 20 jurnalis mendaftar pada tingkat muda, tujuh jurnalis madya, dan tiga jenjang utama.

Ketua Panitia UKW AJKT, Hafidz Prasetyo menjelaskan, semua peserta yang terdaftar sebagian besar adalah anggota AJKT, pada tiga jenjang UKW tersebut. Sebagian lainnya, empat peserta, berasal dari luar kota, Samarinda dan Bontang.

“Peserta yang terdaftar saat ini sudah menyerahkan berkas lengkap, mereka dari berbagai media massa yang berbadan hukum bidang media. Bila tak memenuhi syarat pemberkasan, data di Dewan Pers akan menolaknya secara otomatis,” terang Hafid, didampingi Sekretaris Panitia Fantriansyah.

Ketua AJKT Sukriadi mengatakan, UKW tersebut dilaksanakan dengan semangat agar para jurnalis, terutama di Kutim, bisa meningkatkan kompetensi sebagai jurnalis. Juga, agar AJKT menjadi organisasi yang dapat memenuhi kebutuhan peningkatan kompetensi para anggotanya.

“Saya percaya teman-teman jurnalis ini sudah memiliki kualitas masing-masing. Namun dengan tahapan UKW ini, kami berharap kompetensi itu mendapat pengakuan, yang dibuktikan oleh sertifikasi tersebut, sehingga wartawan di AJKT semuanya berkompeten 100 persen,” tegas Sukriadi.

“Dengan pelaksanaan UKW ini juga, menjadi penegasan bahwa semua jurnalis di AJKT selalu berupaya menjaga kualitas diri. Kami tidak main-main dalam menjaga marwah organisasi,” tambah Sekretaris AJKT Raymond Chouda ditemani Bendahara Ahmad Ardhan.

Ketua Bidang Pengembangan Jurnalistik AJKT, Lela Ratu Simi menegaskan, akan selalu melakukan upaya pengembangan kualitas keilmuan dan profesionalitas para anggota AJKT.

“Kualitas adalah hal yang tidak bisa ditawar di bidang pengembangan jurnalistik ini. Bila sudah terjun ke dunia kuli tinta, Anda harus selalu siap bersaing dengan ribuan jurnalis lainnya setiap hari, sehingga kita semua harus kompeten,” pungkas Lela. (*)

Penulis : AJKT

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *