Apel Gelar Pasukan, Pengamanan Pilkades di Kutim Libatkan Ratusan Personil Gabungan

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Kepolisian Resor ( Polres ) Kab. Kutai Timur ( Kutim ) mengadakan apel gabungan Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades serentak  di Lapangan Mapolres Kutim, Jumat, 15 Oktober 2021.

Pesta Demokrasi Pilkades Serentak Kutim yang akan diikuti oleh 62 Desa di 16 Kecamatan, akan dihelat pada 18 Oktober 2021 mendatang. Apel gabungan ini diikuti oleh Personil Kodim 0909 Kutim, Personil Lanal Sangatta, Personil Satpol PP Kutim, dan Personil BPBD Kutim.

Wakapolres Kutim, Kompol Triyanto saat ditemui di ruangannya mewakili Kapolres Kutim, AKBP Welly Djatmoko menyampaikan bahwa sesuai dengan Surat Perintah, Polres Kutim akan menyiapkan 182 Personil yang akan diterjunkan ke 260 TPS di 62 Desa dari 16 Kecamatan. Disitu tentunya gabungan dari anggota Polres dan anggota Polsek.

“Kemudian kita akan meminta bantuan dari TNI untuk membantu Polres Kutim dalam pengamanan Pilkades serentak tersebut,” ujarnya.

Untuk saat ini, kata dia, belum ada tingkat kerawanan yang tinggi, Tetapi diharapkan unsur pelaksana Pilkades serentak, Khusus KPPS atau Panitia TPS benar – benar menjalankan Pilkades serentak tersebut sesuai dengan ketentuan perundang – undangan.

“Polres Kutim tetap akan melakukan tindakan kerjasama dan antisipatif hal – hal yang tidak diinginkan nantinya,” jelas Kompol Triyanto.

Dia mengatakan, Kapolres sudah menyurat dan melakukan arah kordinasi dengan Dandim 0909 Kutim dan Danlanal Sangatta untuk membantu dalam pengamanan. Kodim 0909 Kutim dan Lanal Sangatta akan menurunkan anggotanya untuk membantu Polres Kutim dalam mengamankan Pilkades serentak tersebut.

“Inti dari apel gabungan persiapan pengamanan tersebut untuk pengecekan akhir, Berapa anggota Polri yang akan diterjunkan dan anggota TNI yang akan diterjunkan, Setelah dicek pada pelaksanaan itu sudah tergelar,” tutur Kompol Triyanto.

Ditambahkan Kompol Triyanto, kemudian juga menyampaikan pesan – pesan dari Pimpinan berupa atensi tentang petunjuk terkait pelaksanaannya. Dikatakannya, ada 7 petunjuk dari Kapolres untuk dipedomani oleh para personil yang akan ditugaskan. Pertama, mempersiapkan fisik dan mental, Ketika melaksanakan pengamanan Pilkades serentak personil dalam keadaan fit, Baik secara rohani dan jasmani.

Selanjutnya yang kedua, dalam melakukan pengamanan dan juga melakukan deteksi dini tingkat kerawanan.

Ketiga, mendekatkan kepekaan. Dalam hal ini, personil diharapkan tetap waspada, Karena situasi ini politik walaupun tingkat Desa tetap saja ada kerawanan. Deteksi dini dan kepekaan disebutkan sebagai hal yang tidak terpisahkan.

Keempat, pada waktu pelaksanaan petugas tidak arogansi. Namun sebaliknya, harus sikap profesional dan humanis diutamakan. Kelima, jika ada suatu perbuatan yang melanggar hukum, silahkan melakukan penindakan yang akan dilakukan oleh Reskrim dalam penegakan hukum.

Keenam, kerjasama. Kerjasama ini sinergitas antara Polri, TNI dan masyarakat. Ketujuh, bisa menjadi contoh kepada masyarakat, Karena suasana ini masih Pandemi Covid 19 personil tidak boleh lengah, Tetap mengingat Protokol Kesehatan dalam pelaksanaan Pilkades serentak tersebut.

“Nanti personil yang akan diterjunkan sebagai pasukan pengamanan di masing – masing TPS, Para personil Polri – TNI dikerahkan khusus untuk menjaga keamanan dengan tetap terus waspada dan memastikan Pilkades serentak tersebut berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” terangnya Kompol Triyanto.

Kompol Triyanto menghimbau dan mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas Pilkades serentak 2021 di Kabupaten Kutim (Lukman/AB).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *