Apel Siaga Bawaslu Kutim, Siap Kawal Pemilu 2024

Aktualborneo.com,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu Tahun 2024 di Lapangan Heliped, Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi Kutai Timur, Sabtu (10/2/2024).

Apel Siaga ini dihadiri oleh Forkopimda Kutai Timur, KPU Kutai Timur, Dishub Kutai Timur, Kodim 0909 Kutai Timur, Danlanal Sangatta, Perguruan Tinggi, FKDM Kutai Timur dan Perwakilan Partai Politik di Kabupaten Kutai Timur serta seluruh Jajaran Pengawas Pemilu tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa dan Pengawas TPS.

Ketua Bawaslu Kutim, Aswadi, dalam amanatnya menegaskan bahwa hari ini merupakan hari terakhir siaga penuh sebelum memasuki masa tenang. Masa tenang, menurutnya, merupakan titik kritis, di mana Bawaslu harus memastikan tidak ada kampanye, politik uang, dan distribusi logistik yang tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat jumlah.

Pasca masa tenang, tahapan krusial pemilu yaitu pemungutan, penghitungan suara, dan rekapitulasi hasil penghitungan suara akan berlangsung. Aswadi menekankan pentingnya ketelitian, kesabaran, dan pengetahuan regulasi yang komprehensif dari para pengawas untuk memastikan tahapan ini berjalan dengan baik dan demokratis.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur, Hari Dermanto, menekankan pentingnya integritas penyelenggara pemilu. Dia berharap para pengawas pemilu dapat menjaga integritas selama pemungutan dan penghitungan suara berlangsung.

“Penyelenggaraan pemilu ini akan dinilai dalam 3 hal: Integritas Penyelenggara Pemilu, Integritas Proses Pemilu, dan Integritas Hasil Pemilu. Harapannya kita sebagai pengawas pemilu bisa menjaga integritas kita selama pemungutan dan penghitungan suara ini berjalan,” ujar nya.

Asisten Ahli Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bupati Kutai Timur, Poniso Suryo Renggono, mengapresiasi terselenggaranya apel siaga ini. Dia berharap Bawaslu dan jajarannya bekerja dengan profesional dan memahami aturan secara menyeluruh untuk menjaga keberlangsungan demokrasi.

Poniso juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pemilu 2024. Dia berharap seluruh pihak berkomitmen mengedepankan integritas dan menjaga kondusifitas Kabupaten Kutai Timur.

Apel Siaga ini dilanjutkan dengan deklarasi damai oleh seluruh peserta apel. Deklarasi ini merupakan komitmen bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pemilu 2024.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *