Arang Jau Diamanahkan Nahkodai Kwartir Ranting Pramuka Kombeng

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Kongbeng menggelar musyawarah pemilihan ketua. Pada kesempatan itu, Arang Jau diamanahkan menjadi Ketua periode 2023-2025.

Pria yang cinta alam tersebut sejalan dengan arah berdirinya Pramuka. Yakni untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka sebagai landasan hukum dari satu-satunya organisasi kepanduan yang ada di Indonesia.

Dalam musyawarah itu, hadir Ketua Kwarcab Cabang, Asti Mazar dan beberapa pengurus lainnya. Dalam sambutan, Asti berpesan agar ketua terpilih dapat menjalankan roda organisasi dengan baik. “Mari kita bergerak bersama untuk menghidupkan dan memajukan Pramuka,” kata Asti yang juga merupakan Wakil Ketua 1 DPRD Kutim.

Arang Jau mengatakan dirinya mengucapkan terimakasih lantaran sudah diberikan kepercayaan untuk membawa Pramuka ke depan. Tentu kata dia, amanah ini akan dijalankan sebaik mungkin.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu ada pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan berdasarkan pada nilai dan kecakapan dalam upaya membentuk kepribadian dan kecakapan hidup pramuka,” kata dia.

Kata dia, dalam Pramuka wajib mengedepankan nilai-nilai. Nilai kepramukaan yang dimaksud yaitu keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan pada alam dan sesama manusia, kecintaan pada tanah air dan bangsa, kedisiplinan, keberanian, dan kesetiaan, tolong-menolong, bertanggung jawab dan dapat dipercaya,  jernih dalam berpikir, berkata, dan berbuat, hemat, cermat, dan bersahaja, dan rajin dan terampil.

“Kegiatan pendidikan kepramukaan dilaksanakan dengan berlandaskan pada kode kehormatan pramuka. Kode kehormatan pramuka merupakan janji dan komitmen diri serta ketentuan moral pramuka dalam pendidikan kepramukaan yang terdiri atas Satya Pramuka dan Darma Pramuka,” jelasnya. (*)

Arang Jau Diamanahkan Nahkodai Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Kombeng

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *