Blanko KTP-El Sudah Tersedia Ribuan di Disdukcapil Kutim

Gambar ilustrasi

AKTUALBORNEO.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kutai Timur (Kutim) telah mendapatkan blangko KTP elektronik (KTP-El) sebanyak 4 ribu keping dari pemerintah pusat.

Dengan demikian, warga yang hendak melakukan pencetakan KTP-El dapat segera mendatangi Disdukcapil.

Kepala Disdukcapil Kutim, Sulastin menjelaskan, alokasi 4 ribu keping blangko KTP elektronik itu diperoleh, setelah pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Blangko KTP sudah ada, baru saja datang, jumlahnya sekitar 4 ribu keping,” ujarnya, Senin (14/3/2022).

Terkait warga yang sebelumnya mendapatkan surat keterangan sebagai pengganti sementara KTP, maka dapat mencetak KTP elektronik dengan datang ke kantor Dindukcapil.

Dia menyatakan, informasi terkait keberadaan blangko KTP-El penting untuk disampaikan ke masyarakat, mengingat banyak dari mereka yang belum memiliki kartu identitas resmi tersebut.

Meski demikian, Sulastin mengemukakan, dari 4 ribu keping blangko KTP-El yang ada, sebagian akan disalurkan ke empat kecamatan yang sudah bisa melakukan pencetakan KTP-El. Tujuannya agar masyarakat yang ada di pedalaman bisa cepat dilayani. Empat kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng, Muara Bengkal dan Kaliorang.

“Masing-masing kecamatan kita akan berikan 250 keping,” ucapnya.

Untuk mempermudah masyarakat Kutim dalam menerima informasi soal Disdukcapil, Sulastin mengatakan, bisa diakses melalui internet, seperti facebook dangan bergabung grun Disdukcapil Kutim.

“Kami juga punya whatsapp, nomornya sudah kami sosialisasikan juga, kami juga menyediakan goggle form untuk layanan pembuatan KTP dan berkas lainnya,” tuturnya. (Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *