BLUD UPT Puskemas Sepaso Kec.Bengalon Siap Beroperasi di Bulan April

  • Whatsapp

AktualBorneo.Com- Bupati Kutim(Ardiansyah Sulaiman) dan Wakil Bupati Kutim(Kasmidi Bulang) beserta jajarannya,setelah menyelesaikan pelaksanaan tugas kegiatan Musrenbangcam(Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah)di Kec.Bengalon,bertempat di Gedung BPU Desa Sepaso Induk, Selasa (9/3/2021).

Jajaran Pemkab Kutim berkesempatan meluangkan waktu untuk melakukan kunjungan meninjau langsung
Pembangunan Puskemas di Kecamatan Bengalon yang mengunakan anggaran APBD berkisar 4 miliar,dan dibangun diatas lahan seluas 2 hektare.

Dalam Kunjungan tersebut turut hadir drg.Agus Santoso Pimpinan BLUD(Badan Layanan Umum Daerah)UPT Puskesmas Sepaso.

Saat dimintai keterangannya oleh tim aktualborneo.com melalui pesan WA(12/3/21) drg.Agus Santoso menuturkan bahwasanya pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 telah mengatur banyak hal tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Dari manajemen ketenagaan, fasilitas hingga peralatan yang dibutuhkan pada Puskesmas,dan menurutnya Puskesmas Sepaso di Kecamatan Bengalon mengacu berdasarkan kriteria-kriteria Peraturan Menteri tersebut.

“Ada sekitar 20 ruangan, puskesmas yang di bangun,dan ini sebenarnya hanya untuk rawat jalan saja, kemungkinan akan di bangun sisi kiri gedung sekarang,yang nantinya untuk rawat inap.Untuk sementara rawat inap menggunakan ruang pertemuan dengan kapasitas hanya 4(empat) tempat tidur rawat inap”urainya.

Lanjut drg.Agus Santoso menjelaskan,diantara ke 20 ruangan tersebut,telah disediakan Ruang Pemeriksaan Umum,Ruang Tindakan dan Ruang Gawat darurat,Ruang Kesehatan Ibu,Anak(KIA) dan Imunisasi,Ruang Persalinan,Ruang Rawat Pasca Persalinan,Ruang Kesehatan Mulut dan Gigi,Ruang ASI,Ruang Laboratorium dan Ruang Farmasi.

“Sekedar tambahan info,masih diperlukan beberapa sarana pendukung seperti Rumah dokter dan paramedis, gudang limbah medis, pos jaga keamanan, lapangan parkir dan lain-lain”ucapnya.

“Ada juga ruangan pelayanan yang masih digabung, seperti Konsultasi Remaja dan HIV AIDS, Surveillance Dan Kesehatan Lingkungan.Kami masih melengkapi sarana yang belum siap, seperti penambahan lampu penerangan halaman dan pemasangan jaringan internet. Insya Allah paling lambat awal bulan April sudah bisa di operasionalkan secara penuh”tutup drg.Agus Santoso.

Puskesmas Sepaso Kecamatan Bengalon merupakan salah satu dari 21 Puskesmas yang ada diwilayah Kabupaten Kutai Timur yang telah memenuhi kriteria sebagai Badan Layanan Umum Daerah.(dps/AB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *