Bupati Kutim Salurkan Bantuan Korban Banjir Benteng Mawakal

  • Whatsapp

Aktualborneo.com – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman menyalurkan bantuan logistik pangan untuk korban musibah banjir yang terjadi di wilayah Benteng Mawakal, Jumat (21/5/2021).

Benteng Mawakal meliputi 8 kecamatan, diantaranya kecamatan Muara Bengkal, Muara Anclong, Muara Wahau, Busang, Long Masengat, Batu Ampar, Kombeng dan Telen.

“Jumat 21 Mei 2021, kami bersama Kepala Dinas Sosial, Kepala BPBD, Camat Ancalong, Camat Muara Bengkal, Camat Long Mesangat beserta jajaran TNI dan Polri menyalurkan bantuan sembako untuk korban bencana banjir di wilayah Benteng Mawakal,” jelas Ardinasyah seperti dilaporkan di halaman facebooknya, Jumat 21 Mei 2021.

Ardinasyah berharap bantuan yang disalurkan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak musibah bencana alam tersebut.

“Dengan bantuan ini semoga dapat meringankan beban masyarakat Kutai Timur yang terdampak banjir,” tutur Ardiansyah.

Dalam beberapa hari ini, banjir merendam sejumlah kecamatan di wilayah Benteng Mawakal. Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sungai yang ada di daerah tersebut meluap, terlebih dikabarkan ada tanggul yang jebol karena tak kuat menahan derasnya arus sungai. Akibatnya sejumlah pemukiman warga dan jalan utama terendam banjir.

Masih tingginya curah hujan dikhawatirkan banjir semakin meluas, terutama mengancam pemukiman di daerah aliran sungai yang ada di Benteng Mawakal.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang secara khusus menyapa masyarakat, menyikapi kondisi bencana banjir yang terjadi di delapan kecamatan di Kutim, melalui video yang diunggah di akun facebooknya, Kamis (14/5/2021).

Dalam video itu, Kasmidi mengajak masyarakat yang terampak bencana alam tersebut untuk senantiasa bersabar.

“Saudaraku yang ada di delapan kecamatan, Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat, Batu Ampar, Wahau, Kongbeng,Telen serta Busang marilah kita bersabar menyikapi bencana yang kita alami bersama, yaitu banjir di delapan kecamatan yang juga sudah mengalami itu,” ucap Kasmidi.

Pemkab Kutim, jelas Kasmidi, segera menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Disamping itu, dirinya bersama Bupati Kutim, Ardiansyah Suliaman juga berencana terjun langung ke lokasi melihat kondisi dan dampak dari musibah bencana banjir tersebut.

“Alhamdullilah, tadi baru saja dipimpin oleh Bapak Bupati, kita sudah mengalokasikan anggaran APBD kita untuk dialokasikan kesana. InsyaAllah dalam waktu dekat, besok kami akan berkunjung ke loksai banjir tersebut. Doakan saja banjir ini cepat surut dan ini memang menjadi harapan kita semua,” tutur Kasmidi.

Tak hanya itu, dalam postingan video berdurasi 01,22 menit itu, Kasmidi juga menerangkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan BPBD untuk membicarakan langkah cepat yang harus diambil.

“Bantuan sudah dikirim mulai hari ini dengan menggunakan alokasi dana force mejure dengan konsep memanfaatkan toko di sekitar lokasi terdampak untuk memudahkan pendistribusiannya,” terang Kasmidi.

Selain itu, Kasmidi juga menjelaskan bahwa dari pihak BPBD juga sudah mulai mengirimkan bantuan perahu karet untuk membantu evakusi dan memberikan pertolongan.

“Semoga langkah ini bisa segera terealiasi paling lambat hari sabtu. Mari kita do’akan saudara kita agar diberi ketabahan atas musibah ini,” pungkasnya. (Adv).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *