Bupati Kutim Secara Virtual Lantik Pengurus BPD dan Kades PAW Desa Peridan

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman melantik sejumlah pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari berbagai desa di Kutim dan Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Peridan, Kecamatan Sangulirang. Pelantikan ini digelar secara virtual di ruang Tempudau, Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelang, Senin (30/8/2021).

Adapun pengurus BPD yang dilantik antara lain Desa Karangan Dalam, Mukti Lestari, Pengadaan dan Baay, Long Segar, Saka, Batu Timbau, Himba Lestari, Mugi Rahayu, Mawai Indah, Beno Harapan.

Dalam paparannya, Ardinasyah menyatakan, peran Kades sangat strategis sebagai kunci pertama dalam pembangunan dan pemberdayaan disuatu desa. Sebab, keberhasilan pembangunan di desa yang dipimpin itu, akan mampu memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Mengingat kedudukan dan keuangan desa yang semakin kuat, sambung Ardiansyah, maka penyelenggaraan pemerintah sdesa harus lebih akuntabel dan didukung sistem pengawasan dan keseimbangan. Yakni pemerintahan desa yang dipimpin oleh Kepala Desa dan lembaga desa, khususnya BPD. Sehingga tercipta mitra kerja yang efektif serta mampu bersinergi menyesuaikan dengan visi, misi dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pemerintahan Kabupaten Kutim.

“Saya mengingatkan, terpilihnya saudara sebagai Kepala Desa antar waktu merupakan langkah awal bagi saudara, untuk melanjutkan berbagai program kerja yang selama ini telah dilaksanakan pejabat kepala desa yang sebelumnya. Segera lakukan koordinasi internal dengan perangkat desa dan BPD maupun lembaga didesa lainnya,” ujarnya.

Disamping itu, dia meminta agar semua pihak terus mempelajari regulasi terkait dengan desa. Artinya cermat dan hati-hati dalam mengelola anggaran desa menjadi keharusan. Selain itu diingatkan pula agar dalam menjalankan roda pemerintahan tak malu bertanya. Sehingga tak sampai terjerat persoalan hukum.

Selanjutnya kepada anggota PBD yang terpilih, Ardiansyah mengingatkan bahwa kedudukan dan peran BPD ikut membahas dan menyepakati berbagai hal yang bersifat strategis, dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Terakhir Ardiansyah mengucapkan selamat kepada kepala desa dan BPD yang diambil sumpahnya. Kepada mereka diucapkan selamat bekerja. Bupati yakin dan percaya bahwa semua yang dilantik memang pantas diangkat dan dipercayakan.

“Baik sebagai Kades dan anggota BPD serta dapat mengemban amanah sebaik-baiknya,”sebut Ardiansyah.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutim, Rahmat Rosadi mengatakan mekanisme kegiatan adalah berkoordinasi dengan Pemerintah desa. Pengambilan sumpah/janji dilaksanakan melalui fasilitas virtual zoom metting. Bertempat dimasing-masing kecamatan yaitu Kecamatan Batam, Karangan, Sangkulirang dan Telen dengan menerapkan prokes secara ketat.

“Peserta terdiri Kades antar waktu satu orang untuk mengisi jabatan Kepala Desa, di Desa Pridan Kecamatan Sangkulirang masa bakti sampai dengan 2023 melanjutkan sisa masa jabatan. Anggota BPD satu orang mengisi BPD di Desa Bay Kecamatan Karangan masa bakti sampai dengan 2025. Kemudian anggota BPD terpilih 2021-2027 terdiri dari 11 desa di 4 Kecamatan,” terang Rosadi. (hms15/hms3).

Sumber: pro.kutaitimurkab.go.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *