Covid-19 Meningkat, Ini Kata Dandim Sangatta

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Dalam kesempatan Rapat Koordinasi Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 di Kutai Timur (Kutim) 7/1/2021, Komandan Kodim (Dandim) Kutim Letkol CZI Pabate menyoroti penurunan tingkat kekhawatiran dan kesadaran masyarakat terhadap virus Covid-19.

“Sehebat apapun kita menjaga, kita tak pernah tahu kapan virus tersebut akan menulari kita, terlebih lagi saat ini tingkat kekhawatiran masyarakat terhadap Covid-19 sudah berkurang, meskipun pihak Rumah Sakit Kudunggu Kutim sudah menginformasikan bahwa setiap harinya ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia, hal tersebut tidak merubah kesadaran masyarakat,” paparnya.

Ia menyarankan perlu dibuat strategi khusus yang memprioritaskan perlindungan terhadap masyarakat yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta umumnya seperti, diabetes, kardiovaskular, dan gangguan pernapasan.

“Diperlukan strategi khusus untuk masyarakat yang memiliki komorbid, melihat persentase tingkat mortalitas pada pasien Covid-19 dengan komorbid lebih tinggi mencapai 90 persen, dibandingkan dengan pasien tanpa komorbid dengan tingkat mortalitas maksimal 3 persen,” jelas Pabate.

Selanjutnya ia menambahkan untuk memulai persiapan mengenai wacana Pemerintah Pusat terkait pelaksanaan donor plasma konvalesen, yaitu alternatif penyembuhan pasien Covid-19 dengan cara mendonorkan plasma atau bagian darah orang yang sebelumnya terkonfirmasi positif dan sudah sembuh dari Covid-19. Agar nantinya pada waktu pelaksanaan, hal tersebut dapat berjalan dengan baik dan maksimal. (Meri/AB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *