Dapil III Kutim Miliki Jumlah DPT Terbanyak yaitu 70.620 Pemilih

Ilustrasi DPT

AKTUALBORNEO.COM – Pencoblosan Pilkada Kutai Timur (Kutim) 2020 diselenggarakan 9 Desember nanti. KPU Kutim menyatakan, terdapat 232.641 pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Jumlah pemilih tersebut tersebar di 141 desa dan kelurahan yang terdiri atas 18 kecamatan dan 4 Dapil. Dari DPT itu, diketahui Dapil III menjadi daerah yang memiliki jumlah DPT terbesar, sedangkan jumlah DPT terkecil terdapat di Dapil IV.

Berdasarkan jumlah DPT hasil pleno Pilkada Kutim yang diterima awak media, DPT tertinggi pertama terdapat di Dapil III Kutim, dengan total jumlah DPT sebanyak 70.620 pemilih.

Dapil III Kutim sendiri meliputi 8 kecamatan, yakni Muara Wahau, Kongbeng, Muara Ancalong, Muara Bengkal, Telen, Batu Ampar, Long Mesangat dan Busang.

Tertinggi kedua adalah Dapil I Kutim, dengan jumlah DPT 63.058 pemilih. Dapil ini merupakan kawasan perkotaan sehingga hanya ada satu kecamatan, yaitu Sangatta Utara. Adapun jumlah pemilih perempuan di Dapil I yaitu sebanyak 29.629 pemilih dan 33.429 jumlah pemilih laki-laki. Sedangkan jumlah TPS 214 yang tersebar di 4 desa dan kelurahan.

Selanjutnya, DPT tertinggi ketiga adalah Dapil II Kutim yang terdiri dari 4 kecamatan dengan memiliki 56.140 pemilih, dan terakhir Dapil IV kawasan pesisir yang terdiri dari 5 kecamatan, dengan 42.823 pemilih. (Red/ab).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *