Desa Sangkima Kembangkan Potensi Pertanian

AKTUALBORNEO.COM – Kegiatan Diseminasi Teknologi Kaji Terap Padi Sawah di Kecamatan Sangatta Selatan. Gapoktan Guntung Sejahtera, tengah mengembangkan areal persawahan di Desa Sangkima dengan penanaman padi sawah seluas 256 hektar.

Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang beserta para pejabat di lingkungan Pemkab Kutim, melakukan penanaman padi dan pemberian pupuk NPK produksi PT Petrokimia Gresik di areal persawahan milik Gapoktan Guntung Sejahtera di Desa Sangkima.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kutim Sugiono menjelaska potensi persawahan di Kecamatan Sangatta Selatan yang mencapai 1.500 hektare belum dimanfaatkan semua, karena sebagian masih terbentur dengan status kawasan Taman Nasional Kutai (TNK).

“Semoga ke depan, bisa menjadi areal persawahan untuk menjaga pasokan pangan, minimal bagi masyarakat Sangatta Selatan. Tentunya dengan konsep pertanian modern menggunakan peralatan yang tepat guna,” jelasnya.

Senada, Kasmidi Bulang mengatakan potensi persawahan di beberapa wilayah Kutim, sangat besar. Beberapa kecamatan tengah memaksimalkan pemanfaatan hutan dan lahan untuk bertani.

“Desa Miau Baru salah satunya. Kelompok tani setempat memanfaatkan lahan yang tadinya terbengkalai, menjadi lahan persawahan. Mereka memanfaatkan peralatan tani modern untuk memanen padi sawah seluas 315 hektar,” tandasnya.

Untuk padi sawah, memang membutuhkan alat-alat mekanis. Nanti Kadistan haris dimasukkan dalam Program RPJMD. Sekaligus kumpulkan PPL yang ada di Sangatta Utara dan Selatan.

“Karena PPL tidak hanya soal pertanian, tapi juga perkebunan dan peternakan. Mari kita kembangkan potensi pangan di Kecamtan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan dengan sebaik mungkin,” tukasnya. Udin/ab).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *