Disbud Kutim Seleksi Putra Putri Penggerak Budaya Daerah

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Sebagai upaya untuk melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan yang ada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Pemerintah Kabupaten Kutim melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) Kutim menggelar pemilihan Duta Budaya tingkat Kabupaten Kutim tahun 2022.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Muda Berwawasan, Muda Berkarakter, Muda Kreatif, Inisiatif dan Dinamis, Muda Berbudaya”. Kegiatan yang diikuti 71 peserta tersebut, dibuka Wakil Bupati Kasmidi Bulang, di Ruang Meranti, Kantor Bupati, Kamis (23/6/2022).

Wakil Bupati (Wabup) dalam kesempatan itu menuturkan, Kabupaten Kutim memiliki potensi seni budaya yang sangat beragam. Potensi seni budaya tersebut terbagi dalam dua pilar, yakni pesisir dan pedalaman. Salah satunya, budaya Pesta Adat Lomplai di Kecamatan Muara Wahau dan sudah diakui sebagai warisan budaya tak benda pada tahun 2015 lalu.

“Serta Tradisi Adat Bekenjong dari Kecamatan Muara Ancalong, yang telah dinobatkan menjadi warisan budaya takbenda oleh Kemendikbud Riset dan Teknologi pada tahun 2021,” ungkap Wabup Kasmidi.

Lebih lanjut dikatakan orang nomor dua di Kutim ini, pelestarian dan pembinaan kebudayaan sejalan dengan misi pertama Kabupaten Kutim, yakni ‘Mewujudkan Masyarakat yang Berakhlak Mulia, Berbudaya dan Bersatu’.

Untuk kegiatan Pemilihan Duta Budaya Kutim tersebut, Kasmidi berharap kegiatan itu bisa menjadi  wadah bagi putra – putri terbaik di Kabupaten Kutim, untuk menyalurkan bakat dan wawasan kebudayaan.

“Jangan hanya dijadikan ajang adu tampan dan pesona fisik semata. Melainkan bisa berfikir kritis, inovatif dan kreatif, dalam upaya pelestarian dan pemajuan kebudayaan,” pintanya Kasmidi.

Lebih jauh Kasmidi menegaskan, siapapun yang terpilih menjadi finalis Duta Budaya Kabupaten Kutim, diharapkan memiliki inovasi dan kreatifitas dalam rangka proses pelestarian, pengembangan dan pemajuan kebudayaan khususnya kebudayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Kutim.

Sementara itu, Kepala Disbud Kutim, melalui Sekretaris Disbud Kutim, Muhammad Rodiansyah mengatakan, peserta seleksi tahap awal Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Kutim tahun 2022 kali ini, diikuti oleh sebanyak 71 peserta. Terbagi peserta laki-laki sebanyak 23 peserta dan perempuan sebanyak 48 peserta.

“Mereka ini (peserta) merupakan perwakilan pelajar, mahasiswa serta individu yang yang terdiri dari berasal dari putra putri terbaik yang ada di Kabupaten Kutim,” ujarnya.

Duta Budaya yang terpilih, sambung Rodiansyah, diharapkan mampu merepresentasikan,  melestarikan, memanfaatkan dan mempromosikan Kebudayaan di Kabupaten Kutim.

“Dari 71 peserta nantinya akan di pilih masing-masing 10 perwakilan putra putri yang dilanjutkan dengan proses  karantina yang di isi dengan materi dan pembekalan bagi peserta selama 3 hari di salah satu Hotel di Sangatta,” tutupnya. (Kutaitimurkab.go.id/Wak Hedir).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.