Disdik Kutim Cek Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Sekolah

  • Whatsapp

Aktualborneo.com – Sejumlah sekolah di Kutai Timur (Kutim) mulai dicek kesiapan menjelang pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). Dinas Pendidikan (Disdik) Kutim pun mengecek daftar periksa kesiapan sekolah, seperti sarana dan prasarana penunjang PTM di SDN 001 Sangatta Utara, Sabtu (22/05/2021) kemarin.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Roma Malau melalui Plt Bidang Pendidikan Dasar Muhammad Syaiful Imron, hal itu dilakukan sebagai persiapan PTM. Semua jenjang sekolah di Sangatta Utara dan Sangatta Selatan renacananya melakukan PTM, ini dilakukan secara berurut pada 12 Juli 2021, dimulai jenjang SMA, SMK, SMP, SD dan TK, sehingga diperkiraakan untuk PTM SD paling cepat bulan Agustus.

“Lakukan monitoring dan evaluasi persiapan pembelajaran tatap muka. Apakah sekolah nanti bisa direkomendasikan untuk tatap muka,” ujarnya.

Dikatakannya, apabila status sudah kuning atau hijau menurut SKB 4 menteri bisa diadakan pembelajaran tatap muka pada masa transisi. Untuk prosedur standarnya bisa disusun oleh satuan pendidikan covid, misalkan tentang sirkulasi anak dan jumlah anak belajar.

Pemeriksaan kelayakan daftar periksa ini dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat Kecamatan. Selain sarana dan prasarana, kesiapan dari SDM sekolah, orang tua, dan para siswa juga menjadi penilaian.

Meskipun telah melawati uji kelayakan, kata Saiful, sekolah tidak langsung melakukan PTM seratus persen penuh. Melainkan bertahap, nanti hanya sebagian siswa yang bisa mengikuti. Jumlahnya dibatasi secara bertahap untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

“Paling tidak 50 persen atau beberapa persen dari jumlah keseluruhan anak di sekolah,” terangnya. (Adv).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *