Dispar Kutim Gelar Pelatihan Usaha Kuliner Khas Bengalon, Diikuti 30 Peserta

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Geliat industri usaha kecil menengah (UKM) di bidang usaha kuliner semakin menjanjikan. Bahkan belum lama ini Pemkab Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar pelatihan UKM khusus di bidang kuliner khas Kecamatan Bengalon. Sebanyak 30 peserta untuk ikut dalam pelatihan tersebut.

Kepala Dispar Kutim, Nurullah menyatakan, tujuan pelatihan tak lain agar para UKM bidang kuliner bisa membangun fondasi setahap demi tahap menjadi besar dengan cara-cara manajemen dan strategi yang tepat.

“Mendorong industri kuliner daerah, khususunya kuliner di Kecamatan Bengalon,” ujarnya di Hotel Victori Sangatta, Selasa (30/11/2021).

Sementara itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang hadir membuka acara mengatakan, dengan adanya pelatihan, maka akan muncul ide-ide yang baru untuk meningkatkan produksi (home industri) di Kecamatan Bengalon.

Dia berharap, pasaran produk unggulan khas Kecamatan Bengalon tidak hanya menjangkau masyarakat lokal saja, tapi juga bisa hingga ke pasar global atau nasional.

“Karena memang harus kita rebut pasar global. Sebab Kaltim ini sudah cukup banyak yang masuk pasar global. Tapi itu hanya industri hulu, mulai zaman dahulu kayu yang kita kirim seperti damar, sekarang sudah tidak ada lagi di Kutim,” tuturnya. (Lukman/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.