DPKP Kutim Berhasil Tangkap Buaya Berukuran 3,26 Meter di Gang Family

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Seekor buaya berukuran 3,26 meter ditangkap Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kutai Timur (Kutim), Selasa (21/9/2021) pagi. Binatang predator itu ditangkap karena meresahkan warga Gang Family, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara. Buaya ini masuk dalam perangkap yang dipasang petugas DPKP Kutim.

Dilaporkan, awal kejadian bermula dari laporan salah satu warga kepada tim Rescue DPKP melauli pesan seluler, (20/9/2021) siang, bahwasanya di Gang Family Sangatta Utara ada seekor Buaya berukuran besar yang sering muncul disekitar pemukiman tersebut.

Dalam proses penangkapannya, sehari sebelumnya memang telah dipasang jebakan oleh Tim Rescue DPKP Kutim. Perangkap dipasang senin (20/09/2021) sekitar pukul 16.00 Wita dan buaya tersebut akhirnya masuk perangkap pada Selasa pagi pukul 06.30 Wita.

Kadis DPKP Kutim, Failu melalui Tim Rescue DPKP Saudin, timnya telah mengevakuasi buaya tersebut sekitar pukul 10.00 Wita, mengingat ukuran buaya cukup besar maka dilakukan evakuasi bersama dengan perangkapnya.

“Karena medan cukup berat dan ukuran buaya sangat besar, kami memutuskan mengevakuasi buaya tersebut bersama perangkap besinya,” beber Saudin.

Ditambahkannya, pada saat evakuasi buaya tersebut sangat meronta dan melakukan perlawanan, apalagi medan dipinggir sungai dan berat membuat timnya yang beranggotakan tujuh orang tersebut agak kesulitan mengeluarkan buaya dari sungai tersebut. Dan setelah berhasil dikeluarkan dari sungai, diputuskan untuk segera membawa buaya tersebut ke Mako Damkar.

“Kami putuskan untuk segera membawa buaya tersebut ke Mako, karena banyaknya warga yang berdatangan, apalagi kita saat ini masih PPKM,” jelas Saudin.

Saat ini, kata dia, pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim sudah dalam perjalanan dari Samarinda menuju Sangatta untuk mengambil buaya tersebut. (Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *