DPRD Kutim Sosialisasikan 4 Raperda di 4 Kecamatan

AKTUALBORNEO.COM – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Agusrianysah Ridwan mengatakan DPRD baru saja mensosialisasikan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) di 4 Kecamatan, yakni masing-masing Kongbeng, Sangkulirang, Muara Wahau dan Bengalon.

“Empat Raperda yang di sosialisasikan oleh teman-teman DPRD yakni, mengenai Raperda tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS. Kemudian Raperda tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran serta Raperda tentang Pengarusutamaan Gender,” ungkap Agus biasa ia di sapa.

Menurut Anggota Komisi D Bidang Kesejahteraan ini, pelaksanaan sosialisasi Raperda kali ini merupakan kebijakan yang umum terjadi. Mengingat, berdasarkan pengalaman yang ada, pelaksanaan Sosialisasi yang di lakukan setelah Raperda tersebut disahkan menjadi Perda.

“Ini (sosialisasi Raperda) menjadi kebijakan yang tentatif, sebenarnya untuk melakukan itu (sosialisasi) tidak perlu di jadwalkan sedemikian ruap, saat kita turun ke masyarakat juga memiliki kewajiban untuk mensosialisasikan itu,” ungkap Politisi dari PKS tersebut.

Selain itu, Sosialisasi tersebut juga bertujuan untuk mendapatkan input berupa masukan dan saran dari masyarakat berkaitan dengan Raperda yang saat ini sedang di bahas oleh DPRD dan Pemerintah Daerah. Sekaligus mengkorelasikan dengan Perda-Perda lainya yang berkaitan dengan Raperda yang di sosialisasikan kepada masyarakat.

“Contohnya, saya kemarin di Sangkulirang mensosialisasikan Raperda tentang Pengarusutamaan Gender yang berkaitan dengan Perda Ketenagakerjaan, yang salah satunya membahas bagaimana laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama,” Pungkasnya.

Pos terkait