Dukung UMKM/Petani Kaliorang Naik Kelas, PT KPP Beri Pelatihan Administrasi Pembukuan berbasis Si APIK

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – PT Kalimantan Prima Persada (KPP) ingin selangkah lebih maju dibanding dengan perusahaan lain dalam hal pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Kaliorang, Kutai Timur (Kutim), Kaltim. Melalui mitranya yaitu Lembaga Pengembangan Bisnis Olah Bebaya, perusahaan pertambangan batubara ini melaksanakan kegiatan Pelatihan Administrasi Pembukuan berbasis Si Apik bagi UMKM/Petani Binaan di Kecamatan Kaliorang.

Kegiatan pemberdayaan tersebut berlangsung selama 2 hari yaitu 12-13 Oktober 2021 di Aula Kecamatan Kaliorang dan dihadiri oleh 22 peserta.

Tri, perwakilan dari kecamatan Kaliorang menyampaikan bahwa Administrasi pembukuan itu penting bagi pengusaha agar usahanya dapat maju dan berkembang.

Sementara itu, H.Rusnomo selaku Kepala Desa Bukit Harapan memberikan apresiasi atas adanya kegiatan ini.

“Pembukuan keuangan pribadi dan keuangan usaha itu tidak boleh campur karena dari situlah putaran usaha kita terlihat,” ujarnya.

Menurut ketua Panitia yaitu Muhamad Nadirin, Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong agar UMKM/Petani dapat segera berkembang dan Naik Kelas. Karena selama ini hampir merata permasalahan UMKM/Petani di Kaliorang adalah Administrasi Pembukuan Keuangan yang belum tertib.

Materi tentang Administrasi pembukuan pada hari pertama disampaikan oleh Syahrudin dari PT. Triputra Iga Konsultama dengan metode umpan balik.

Selanjutnya, di hari kedua setiap peserta langsung praktik melalui handphonenya masing-masing, mendownload aplikasi Si Apik dari Bank Indonesia. Salah satu peserta, Susanti mengatakan, “Awalnya bingung karena sudah lama nggak belajar soal keuangan namun karena langsung praktik jadi bisa pahamlah walau masih perlu belajar lagi.” (Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *