Fraksi PPP Sampaikan Pandangan Umum Terhadap Nota Pengantar Raperda APBD Kutim TA 2024

AKTUALBORNEO.COM, Sangatta – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Menyampaikan Pandangan Umum Terhadap Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Tahun Anggaran (TA) 2024, yang dibacakan oleh Mochammad Son Hatta bahwa Fraksi PPP mengapresiasi terhadap pemerintah dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait atas pencapaian penambahan pendapatan daerah, terutama di beberapa sektor unggulan di Kutim.

“Kami menyampaikan pandangan atau pesan bahwa hendaknya anggaran APBD Kutim tersebut dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya dan secara optimal untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat Kutim, terutama untuk mewujudkan tema pembangunan pada tahun 2024 yaitu “Penguatan Struktur Ekonomi guna mendukung Perekonomian Daerah,” harapnya.

Dalam menyikapi anggaran APBD Kutim yang besar, Fraksi PPP memberikan masukan agar pihak eksekutif dapat mengoptimalkan penyerapan anggaran secara maksimal. Dengan memberikan pelatihan dan peningkatan kualitas SDM pada pegawai baik ASN/PPPK/Honorer atau pejabat yang diberikan kewenangan untuk pengelolaan anggaran pada masing-masing SKPD, dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip Efektif dan Efisien, Cepat dan Tepat dalam pelaksanaan program kerja dan kegiatan pada RKPD yang telah dibuat.

Fraksi PPP juga menekankan pentingnya menghindari pemborosan penggunaan anggaran yang bersifat seremonial dan tidak mencapai sasaran prioritas pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) diminta untuk bekerja keras memastikan proyeksi pendapatan tidak mengalami penurunan signifikan dan mengalokasikan anggaran secara proporsional dan terukur.

Sementara masih ada OPD/SKPD tertentu yang merasa dianaktirikan dengan menerima anggaran belanja yang masih jauh dari kata cukup dan kurang proporsional, sehingga pemerataan pembangunan dan program kegiatan bisa berjalan secara optimal dan maksimal untuk menata Kutim untuk semua lapisan masyarakat.

Lebih jauh, mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Kutim yang telah memberikan kesempatan kepada Fraksi PPP untuk menyampaikan pandangan umum fraksi.

“Terima kasih kepada Pemkab Kutim yang telah menyampaikan secara resmi nota pengantar rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kutim Tahun Anggaran (TA) 2024,” pungkasnya. (Adv/Red*)

Fraksi PPP Sampaikan Pandangan Umum Terhadap Nota Pengantar Raperda APBD Kutim TA 2024

Pos terkait