Gernas BBI, Wagub Kaltim Sampaikan Target 1.000 UKM Ekspor

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kaltim 2021 akan jadi momentum pertumbuhan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi ketika menjadi narasumber Dialog Publika TVRI Kaltim, dalam rangka Gernas BBI di Benua Etam menaruh harapan besar, setelah Gernas BBI, pelaku UMKM yang digerakkan melalui BUMDes agar semakin maju.

“Insyaallah Kaltim siap menjadi tuan rumah dan menyukseskan Gernas BBI ini. Terima kasih Presiden Joko Widodo yang memprogramkan Gernas BBI. Kami yakin, momentum ini akan membangkitkan semangat pelaku UMKM,” kata Hadi Mulyadi di TVRI Kaltim yang juga dihadiri Kepala Perwakilan BI Kaltim H Tutuk SH Cahyono dan pelaku usaha UMKM Kaltim Widya. Acara dipandu presenter Said Husein, Senin (27/9/2021).

Menurut Hadi, secara nasional, ternyata Kaltim diakui memiliki potensi besar dalam mendukung dan penyumbang ekspor hasil produk UKM.

Selanjutnya, momentum besar Gernas BBI akan menjadi motivasi baru bagi pelaku usaha di Kaltim untuk semakin maju dan kreatif, terutama dikelola BUMDes.

“Pemprov bersyukur pada tahun ini BI Kaltim telah membantu 30 UMKM untuk dibina agar bisa ekspor ke luar negeri. Target kita hingga akhir masa jabatan ada 1.000 UKM dibina dan dilatih agar bisa ekspor juga,” jelasnya.

Melalui UMKM ini, maka Kaltim turut membantu negara, meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sementara, mengenai acara Gernas BBI rencana akan dipusatkan di Planery Hall Convention Hall Samarinda, 12 Oktober 2021.

Peluncuran rencana oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan dengan Brand Ambassador Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor.  (jay/sul/adv).

Sumber: kaltimprov.go.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *