Gubernur Kaltim Raih Abdi Tani Tahun 2021, Mentan Beri Apesiasi

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan kinerja gubernur dan bupati dalam menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 patut diapresiasi. Kinerja yang tak mengenal lelah diakuinya memberi kontribusi besar bagi ketersediaan pangan bagi ratusan juta rakyat Indonesia.

Di hadapan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin pada penyerahan penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 di Istana Wapres, Mentan Syahrul Yasin Limpo menyebutkan ketahanan pangan selama pandemi Covid-19 tiada lain berkat kreativitas kepala daerah yang konsisten mempertahankan sektor pertanian.

“Sangat kecil persoalan pertanian di masa pandemi Covid-19,” puji mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu, Senin (13/9/2021).

Ia pun berharap dengan penghargaan yang diterima sejumlah gubernur dan bupati akan mendorong semangat untuk meningkatkan sektor pertanian termasuk ekspor sektor pertanian.

Pria yang gemar bertani ini, mengakui banyak kepala daerah yang dinilai berhasil membangun sektor pertanian baik hulu maupun hilir sehingga mendapat  penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021.

Pemberian penghargaan ini diperkuat dengan  Keputusan Menteri Pertanian Nomor 465/Kpts/KP.590/M/08/2021 tanggal 13 Agustus 2021 tentang Pemberian Penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021.

Penghargaan Abdi Bakti Tani  sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap kinerja pemerintah daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia dan meningkatkan ekspor produk pertanian.

“Penyerahan penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021 merupakan rangkaian peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2021 pada tanggal 24 September 2021,” kata Syahrul Yasin Limpo yang beberapa hari lalu juga telah bertandang ke Kaltim.

Penghargaan di sektor pertanian ini  terbagi dua kategori yakni  dalam Peningkatan Produksi Padi Tertinggi Tahun 2019-2020 terpilih Provinsi Lampung, Jawa Timur, Banten, Sumatera Selatan, Jambi, Kabupaten Cilacap, Brebes, Ngawi, Ogan Komering Ulu Timur, dan Gresik.

Gubernur Kaltim Isran Noor menerima penghargaan pada kategori Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi Periode Januari 2020 hingga  Juni 2021. Gubernur Isran menerima penghargaan bersama Gubernur Jawa Tengah, Jambi, Kalbar, Sulawesi Utara, kemudian Kabupaten Kota Baru, Deli Serdang, Semarang dan Bintan.

Atas diterimanya penghargaan ini, Gubernur Isran Noor memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh petani di Kaltim.

“Syukur alhamdulilah, ini penghargaan bagi seluruh petani di Kaltim. Saya sangat bangga, karena di tengah serangan pandemi yang begitu masif, para petani kita tetap bersemangat dan ekspor kita tertinggi kedua setelah Jawa Tengah,” ucap Isran.

Dia berharap para petani Kaltim lebih bersemangat untuk meningkatkan produktivitas, baik untuk pemenuhan kebutuhan domestik maupun ekspor. (sdn/sul/adpimprov kaltim).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *