Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Kutim Adakan Restorasi Ekosistem di Taman Botani

  • Whatsapp

Aktualborneo.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Lingkungan Hidup, mengadakan kegiatan lingkungan dengan tema “Restorasi Ekosistem di Taman Botani” dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup (Harling), Jumat (18/6/2021).

Sesuai temanya, kegiatan tersebut berlangsung di Tanan Botani Bukit Pelangi Sangatta, sebagai aksi kepedulian lingkungan.

Hadir Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang berserta sejumlah unsur forum komunikasi perangkat daerah (Fokompinda). Pun perwakilan dari perusahaan swasta di Kutim.

“Kegiatan ini dihadiri langsung pimpinan forum komunikasi perangkat daerah, ada Pak Kapolres, Pak Danlanal, Pak Kejari, ada yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri dan juga dari perusahaan-perusahaan yang hadir. Tentunya kita ingin membuktikan bahwa Kutai Timur ini terjaga terus kelestariannya,” ucap Kasmidi.

Tema restorasi ekosistem ini sejatinya berkaitan dengan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang telah mendeklarasikan tahun 2021-2030 sebagai Dekade PBB Restorasi Ekosistem (UN Decade on Ecosystem Restoration).

Berdasarkan literatur dan informasi dari berbagai ahli, dalam sepuluh tahun kedepan merupakan periode terpenting untuk mencegah bencana akibat perubahan iklim, serta untuk menjaga keanekaragaman hayati.

Dekade Restorasi Ekosistem juga untuk mencegah, menghentikan dan membalikkan degradasi ekosistem di seluruh dunia.

Peringatan Hariling tahun ini merupakan saatnya untuk dapat melakukan penyesuaian berpikir dan bertindak. Meskipun tidak bisa mengembalikan waktu, namun bisa mengambalikan kondisi lingkungan, melalui berbagai aktivitas positif dalam menjaga dan merawat lingkungan, demi generasi mendatang.

“Ini adalah bagian yang bisa kita wariskan kepada anak cucu kita kedepan,” tutup Kasmidi. (Fitrah Jaya/Lukman/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *