Idul Adha 1441 H, Pasak Mulawarman Kutim Terima Hewan Kurban PT Pama

  • Whatsapp
Idul Adha 1441 H, Pasak Mulawarman Kutim Terima Hewan Kurban PT Pama

AKTUALBORNEO.COM – Pasak Mulawarman Bersatu Kutai Timur (Kutim) mendapatkan bantuan dalam rangka memperingati hari Raya Idul Adha 1441 H, PT Pama Persada Nusantara memberikan bantuan satu ekor kambing kepada Organisasi Masyarakat (Ormas) tersebut.

Bantuan hewan kurban tersebut diterima oleh Ketua DPD Pasak Mulawarman Bersatu Kutim, Adi Azis Hs, Rabu (29/7/2020). Bantuan kemudian diserahkan kepada Ketua DPC Pasak Mulawarman Sangatta Selatan

Selain Pama, Pasak Mulawarman Kutim juga menerima bantuan dengan momen yang sama dari perusahaan swasta di Kutim lainnya. Diantaranya, PT NPN (Nawakara Perkasa Nusantara).

Dalam kesempatan itu, Adi Azis Hz didampingi Sekjennya Ebeit yang karib disapa Habibi dan DPC Adi Hendri selaku Bendahara menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas sumbangan yang diberikan oleh pihak perusahaan.

Dia berharap bantuan hewan kurban dan lainnya itu dapat membawa berkah bagi yang memberikan maupun yang menerimanya.

“Kegiatan pemotongan dan pembagian daging qurban akan dilaksanakan pada¬† setelah sholat Ied,” pungkasnya.

Diketahui, Idul Adha 1441 H jatuh pada tanggal Jumat, 31 Juli 2020. Pemerintah Indonesia menetapkan hari itu sebagai Hari Libur Nasional atau tanggal merah. Idul Adha merupakan ibadah kurban yang amat ditekankan pengerjaannya, hukumnya sunah muakkadah.Keutamaan dalam ibadah kurban yang dilaksanakan tiap setahun sekali, yakni pada Idul Adha dan tiga hari taysriq, juga tergambar dalam hadis yang memuat sabda Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan [harta], sedangkan dia tidak berkurban, janganlah dekat-dekat tempat salat kami,” (H.R. Ahmad, Ibnu Majah, dan Hakim).

Penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan sejak selepas salat Idul Adha (tanggal 10 Zulhijah), dan bisa pula pada tiga hari tasyrik (11-13 Zulhijah).

Jika merujuk pada penanggalan masehi, dan hasil sidang Isbat Kemenag RI, Idul Adha 1441 H jatuh pada hari Jumat, 31 Juli 2020. Sementara hari tasyriq jatuh pada tanggal 1-3 Agustus 2020.

Yang penting menjadi perhatian, pelaksanaan kurban pada Idul Adha 2020 perlu mengikuti aturan dalam protokol kesehatan yang telah dibuat pemerintah untuk mencegah penularan virus corona.

Meskipun harus dilaksanakan sesuai ketentuan protokol, ibadah kurban pada Idul Adha 2020 tetap dianjurkan, dan bahkan diimbau dilakukan oleh sebanyak mungkin muslim yang mampu, karena selama pandemi corona, banyak orang jatuh miskin dan memerlukan bantuan pangan, demikian seperti NU Online.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *