Imbau Warga Tak Buang Sampah ke Sungai Sangatta, Kasmidi: Ini Modal Kehidupan

  • Whatsapp

Aktualborneo.com – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang mengimbau masyarakat agar tak lagi membuang sampah ke Sungai Sangatta. Sungai yang bersih membuat hidup menjadi sehat, dan akan mengembalikan fungsi sungai sebagai salah satu sumber mata pencaharian, tempat berkembang biaknya ikan dan udang.

“Disini hadir saudara-saudara saya, Ketua LKK, Ketua GAM, masyarakat dan beberapa pemuda. Hari ini, tadi mereka sudah melakukan bersih-bersih sungai, tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan dan yang kedua supaya sungai itu berfungsi kembali menjadi tempat mencari sumber kehidupan, terutama ikan-ikan, udang ada lagi dan juga kebersihannya. Oleh sebab itu, hari ini saya mengimbau masyarakat, khusunya yang ada di bantaran sungai agar tidak lagi membuang sampah ke sungai,” ujar Kasmidi, Sabtu (28/8/2021).

Membuang sampah ke sungai selain bisa menjadi sarang penyakit, perihal tersebut juga bisa berdampak pada hal lainnya seperti bencana banjir. Untuk itu, masyarakat harus mengubah kebiasaan membuang sampah ke sungai, karena sungai juga sejatinya dimanfaatkan sebagian masyarakat yang masih bergantung pada air sungai untuk kehidupannya.

“Mari membuang sampah pada tempat yang telah disedikan, mari kita bangun bantaran sungai ini menjadi tempat yang indah. Di masa Covid-19 ini bisa menjadi tempat kita berwisata dan juga modal kehidupan, mungkin bisa membuat cafe dan sebagainnya. Itulah pemerintah akan membuat program itu kedepan,” tutur Kasmidi.

Kasmidi tak lupa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan berkontribusi dalam kegiatan bersih-bersih Sungai Sangatta.

“Tadi banyak sekali yang terlibat bersih sungai, ada komunitas, ada paguyuban, ada ormas, ada LSM, stakeholder dan dari perusahaan,” tutup Kasmidi. (Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *