Istri dan Anak Sekretaris Mahkamah Agung Nonaktif Hasbi Hasan Tolak Diperiksa KPK

AKTUALBORNEO.COM – Istri dan anak Sekretaris Mahkamah Agung (MA) nonaktif Hasbi Hasan menolak diperiksa KPK. Seharusnya keduanya diperiksa terkait kasus suap penanganan perkara di MA yang menjerat Hasbi Hasan.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan istri Hasbi Hasan, Ida Nursida, dan anaknya, Widad Zahra Adiba, sudah hadir di gedung KPK pada Kamis (24/8). Keduanya dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi karena ada hubungan keluarga inti dengan Hasbi Hasan.

“Ida Nursida (pegawai negeri sipil), Widad Zahra Adiba (mahasiswa), kedua saksi hadir dan tim penyidik terlebih dulu menanyakan kesediaan keduanya untuk dapat dimintai keterangan karena adanya hubungan kekeluargaan inti dengan Tersangka HH,” kata Ali kepada wartawan, Jumat (25/8/2023).

Penyidik KPK lalu menanyakan kesediaan keduanya untuk diperiksa sebagai saksi. Baik istri maupun anak dari Hasbi menolak memberikan keterangan terkait kasus ini.

“Kedua saksi menolak untuk memberikan keterangan,” ucap Ali.

Hasbi Hasan Diduga Terima Suap Rp 3 Miliar

Hasbi Hasan telah ditahan KPK setelah diduga menerima aliran uang suap senilai Rp 3 miliar dari Dadan Tri Yudianto. Uang suap itu digunakan agar Hasbi menggunakan kewenangannya sebagai Sekretaris MA dalam menangani perkara kasasi di MA.

Setelah melakukan penahanan, KPK membuka peluang menjerat Hasbi dengan pasal tindak pidana pencucian uang.

“Kami KPK selalu menyertakan tindak pidana pencucian uang di dalam penanganan tindak pidana korupsi,” kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers di gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (12/7/2023).

Hasbi Hasan saat ini dijerat dengan pasal suap. Firli mengatakan penerapan pasal pencucian uang bertujuan mengembalikan memulihkan keuangan negara.

Pasal itu juga memungkinkan untuk memiskinkan koruptor dengan menyita aset pelaku yang diduga dari hasil korupsi.

“Karena sesungguhnya tentu kita melakukan tindak pidana korupsi itu adalah juga harus mengembalikan kerugian negara dan tentu ini menjadikan efek jera terhadap para pelaku tindak pidana korupsi,” ujar Firli. (*)

Istri dan Anak Sekretaris Mahkamah Agung Nonaktif Hasbi Hasan Tolak Diperiksa KPK

Sumber : DetikNews

Pos terkait