Jelang Vaksin Perdana, Menteri Kesehatan Hingga Kapolri Berikan Sambutan

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Menjelang pelaksanaan vaksin perdana di Jakarta, Rabu (13/1/21) yang mana penyuntikan akan dimulai dari Presiden Joko Widodo ini. Juru bicara penanganan Covid-19 Republik Indonesia (RI) dr. Reisa Broto Asmoro menyampaikan bahwa vaksin ini merupakan alat bantu untuk memerangi virus covid-19 juga sebagai pelindung yang ampuh terhadap infeksi covid-19.

Selanjutnya, Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan sambutannya kepada seluruh rakyat Indonesia.

“Vaksin ini dapat melindungi diri, keluarga, tetangga, rakyat Indonesia, dan peradaban umat manusia di seluruh dunia. Pelaksanaannya bertujuan untuk mencapai target 70 persen herd immunity (kekebalan kelompok),” tutur Budi.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M. Faqih menyampaikan, vaksin Covid-19 ini bertujuan untuk mempercepat terbentuknya kekebalan tubuh yang dapat mencegah infeksi covid-19. Khususnya untuk tenaga kesehatan (nakes), Ia menyoroti angka kematian nakes dan dokter di Indonesia yang cukup tinggi mencapai 500 orang lebih. Ia berharap dengan adanya vaksin ini dapat menekan angka tersebut dan agar pandemi covid-19 ini dapat diselesaikan.

“Vaksin dan protokol kesehatan (prokes) ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk mencapai herd immunity. Vaksin ini halal dan thoyib, dalam artian efektif, aman, dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat dan bangsa,” Dr. H. Amirsyah Tambunan, M.A, Sekretaris Jenderal MUI menambahkan.

KH. Ahmad Ishomuddin menghimbau kepada rakyat Indonesia betapa pentingnya vaksin ini. Bahwa menjaga kesehatan merupakan kewajiban kita semua. Perwakilan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini berharap vaksin covid-19 menjadi cara yang efektif untuk keluar dari pandemi yang telah memberikan dampak luar biasa dalam segala sisi kehidupan.

Marsekal Tentara Nasional Indonesia (TNI), Hadi Tjahjanto bersama Idham Aziz, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) yang merupakan penerima vaksin covid-19 pada hari ini juga menyerukan kepada anggota TNI dan Polri serta seluruh rakyat Indonesia untuk mensukseskan pelaksanaan vaksin covid-19 agar bangsa Indonesia segera terlepas dari wabah dan pandemi covid-19.

Sambutan ditutup oleh dr. Reisa bahwa pelaksanaan vaksin covid-19 ini merupakan langkah penyempurna dari upaya yang sudah kita lakukan selama ini. (Meri/AB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *