Jokowi Berterima Kasih ke Masyarakat Suku Dayak yang Telah Dukung IKN

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat adat suku Dayak, yang telah mendukung proyek Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Jokowi menyampaikan dukungan ini sangat dibutuhkan bagi proyek yang berlokasi di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur tersebut.

Ucapan terima kasih ini disampaikan Jokowi saat bertemu masyarakat adat Suku Dayak dalam acara Bahaupm Bide Bahana dari organisasi masyarakat Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR). Pertemuan berlangsung Pontianak, Kalimantan Barat.

“Apakah apakah saudara betul-betul mendukung benar? benar Ibu Kota Nusantara di Kalimantan?” tanya Jokowi kepada mereka yang hadir, Selasa, 29 November 2022. Mereka yang datang pun kompak menjawab, “benar”.

Proyek IKN dimulai secara resmi ketika Jokowi meneken UU IKN pada 20 Februari 2022. Kemarin, Jokowi juga kembali mengumpulkan anak buahnya untuk membahas perkembangan IKN, salah satunya yang berkaitan dengan minat investasi.

Tak banyak pernyataan lain soal IKN yang disampaikan Jokowi saat bertemu masyarakat adat suku Dayak ini. Selebihnya, kepala negara bicara soal suku Dayak yang memiliki 406 sub suku.

“Artinya apa? betapa negara kita ini negara sangat besar sekali. itu yang sering kita tidak sadar,” ujarnya.

Janji tak gusur masyarakat adat di wilayah IKN

Tapi di lapangan, tidak semua masyakarat lokal mendukung IKN. Meski demikian, pemerintah berjanji tidak akan menggusur warga asli dan masyarakat adat di wilayah IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah sudah memperluas kawasan inti ibu kota dari 5.600 hektare menjadi 6.700 hektare.

“Tidak ada (penggusuran). Kami akan berikan program-program pengembangan sumber daya manusia dan sebagainya,” ujar Suharso saat ditemui di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 25 Januari 2022.

Sumber : Tempo
#AktualBorneo.Com
#SahabatAktualBorneo
Jokowi Berterima Kasih ke Masyarakat Suku Dayak yang Telah Dukung IKN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *