Jokowi Umumkan 6 Menteri Baru dalam Kabinet Indonesia Maju

AKTUALBORNEO.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju. Reshuffle diumumkan lewat konferensi pers dan berlangsung secara virtual dari Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020).

Dalam agenda tersebut, Jokowi nampak mengenakan kemeja putih sembari mempersilakan para calon menteri untuk duduk. Ia memperkenalkan para calon menteri baru satu per satu.

Ada enam menteri baru hasil reshuffle kabinet yang dikenalkan Jokowi.

“Saya bersama bapak wakil presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru, yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia maju,” kata Jokowi, Selasa (22/12/2020), dikutip dari YouTube Live Streaming Kompas.com.

Setelah diperkenalkan satu per satu, para calon menteri pun duduk di sekitar Jokowi. Mereka kompak mengenakan jaket berwarna biru yang melapisi kemeja putih. Semuanya juga mengenakan masker dan pelindung wajah (face shield).

Enam menteri baru yang ditunjuk Jokowi antara lain Tri Rismaharini atau Risma. Ia dipercaya Jokowi sebagai Menteri Sosial dalam Kabinet Indonesia Maju.

Diketahui, Risma sebelumnya dikenal sebagai Wali Kota Surabaya yang akan berakhir masa berakhirnya setelah selesainya Pilkada 2020. Ia menggantikan Juliari Batubara yang merupakan sesama kader PDI Perjuangan.

Tak hanya Risma, Sandiaga Uno juga dipercaya Jokowi untuk mengemban tugas sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga Uno menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio.

Selanjutnya, Budi Gunadi Sadikin, yang menjadi Menteri Kesehatan. Ia menggantikan posisi Terawan Agus Putranto.

Setelah itu, Jokowi memperkenalkan Yaqut Cholil, yang akan menjadi Menteri Agama untuk menggantikan Fachrul Razi.

Calon menteri kelima yakni Wahyu Sakti Trenggono. Ia akan diberi tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, menggantikan posisi Edhy Prabowo

Keenam, ada M Lutfi yang bakal menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Enam menteri baru telah diperkenalkan Jokowi. Jokowi kemudian membeberkan jadwal pelantikan para menteri yakni Rabu 23 Desember 2020.

“Pelantikan akan dilaksanakan insyaallah besok pagi,” kata Jokowi. (Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *