Kabar Baik, Disdukcapil Kutim Buka Layanan Pembuatan KTP dan KK Via Online

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur (Kutim) kini bisa dilakulan di rumah saja. Tak perlu berjubel, pelayanan bembuatan KTP dan KK dapat dilakukan secara online.

Pelayanan Dispendukcapil Kutim yang secara daring itu sudah disosialisasikan selama sepekan terakhir. Pengumuman tertulis dipasang melalui spanduk besar di tempat pelayanan Dispendukcapil Kutim.

Plt Kadisdukcapil Kutim Heldy Frianda melaporkan, Disdukcapil sejak seminggu yang lalu telah melayani pelayanan online sebanyak 50 berkas. Terutama mencetak KTP dan KK.

“Masih untuk KTP dan KK, InsyaAllah minggu depan kita sudah mulai dengan akta dan lainnya,” ujar Heldy.

Ditambahkan olehnya, pelayanan menggunakan link googel form melalui https: //www.sites.google.com/vie/disdukcapilkutaitimur/home. Intinya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam mengurusk administrasi kependudukan. Masyarakat tidak perlu datang ke Disdukcapil untuk pengajuan berkas.

“Saat mengambil tetap harus kesini membawa berkas aslinya. Untuk kita tukar dengan berkas yang diperlukan,” paparnya.

Heldy menambahkan, fungsi administrasi kependudukan menjadi sangat vital. Karena tidak hanya menyajikan angka, tetapi lebih pada data dasar untuk mengambil kebijakan perencanaan pembangunan. Dalam perkembangannya pelayanannya administrasi kependudukan dari pelayanan secara manual terus dilakukan inovasi-inovasi.

“Agar proses pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik dan lancar,” tutupnya. (hms13/hms3).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *