Kaltim Pertahankan Predikat BB SAKIP dan B untuk Reformasi Birokrasi

  • Whatsapp

Aktualborneo.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) kembali menyerahkan hasil evaluasi pelaksanaan Sistem  Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reforrmasi Birokrasi  kepada  84 kementerian/lembaga,  34  provinsi,  dan 508  pemerintah kabupaten/kota tahun 2020.

Penyerahan  SAKIP Award tahun 2020  diserahkan langsung Menteri PANRB Tjahjo Kumolo baik secara luring dan daring yang digelar di Ballroom Hotel Bidakara Jakarta, Kamis  (22/04/2021).

Dari hasil evaluasi pelasanaan SAKIP dan RB oleh Kementerian PANRB, Provinsi Kaltim kembali mempertahan predikat  BB untuk SAKIP dan predikat B untuk Reformasi Birokrasi.

Sekda Provinsi Kaltim diwakili Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kaltim H Fathul Halim, usai menghadiri penyerahan SAKIP Award 2020 secara virtual di Ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, mengatakan sangat bersyukur karena Pemprov Kaltim berhasil meraih predikat  BB untuk SAKIP dan B untuk RB. Posisi tersebut sama dengan tahun sebelumnya.

“Untuk posisi predikatnya sama dengan tahun sebelumnya, tetapi dari sisi nilai  meningkat, termasuk lima kabupaten/kota predikatnnya juga bagus seperti Samarinda, Kota Bontang, Kota Balikpapan dan PPU predikat B untuk SAKIP dan B untuk RBnya,  bahkan Balikpapan dan Bontang mewakili Pemprov  menerima  langsung penghargaan SAKIP Award di Jakarta,” kata Fathul Halim.

Untuk kabupaten/kota yang mendapat predikat CC maupun RBnya belum bernilai, lanjut Fathul Halim, akan menjadi perhatian pemerintah agar predikat tersebut dapat ditingkatkan pada tahun ini, sehingga pada penyerahan SAKIP Award tahun 2021 mendatang, bisa naik dan lebih baik lagi.

“Bagi daerah yang meraih predikat CC untuk SAKIP maupun RBnya belum dinilai, kita harapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya, sehingga pada tahun mendatang sudah naik predikatnya,” pesan Fathul Halim.

Sebelumnya,  MenPANRB Tjahjo Kumolo  dalam arahannya antara lain mengatakan   kegiatan penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah tahun 2020 merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memacu pemerintah daerah untuk semakin meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah dan semakin meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran,” kata Tjahjo Kumolu.

Predikat Pemprov Kaltim dari hasil evaluasi pelaksanaan SAKIP dan RB oleh Kementerian PANRB, (SAKIP BB) Reformasi Birokrasi (B). Berau  (SAKIP B), (RB CC). Kubar (SAKIP B), (RB CC). Kukar (SAKIP  B), (RB B), Kutim (SAKIP B). Mahulu ( SAKIP CC). Paser (SAKIP CC), (RB CC). PPU (SAKIP B), (RB B). Balikpapan (SAKIP B), (RB B).  Bontang (SAKIP B), (RB B). dan Samarinda (SAKIP B), (RB B).(mar/sul/humasprov kaltim).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *