Kawal Musrembang Tingkat Kecamatan, Ini Komentar DPRD Kutim

AKTUALBORNEO.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim) terus mengawal Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat kecamatan di Kutim. Seperti halnya Anggota DPRD Kutim Hason Ali di Musrenbang Kecamatan Muara Bengkal pada Selasa (16/03/2021).

Legislator Daerah Pemilihan III dari Partai Demokrat itu menyatakan, pelaksanaan Musrenbang di masing-masing kecamatan sudah sesuai dengan prosedur tentang tata cara perencanaan pembangunan dan sebagai pedoman Pemerintah daerah dalam pelaksanaan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).

“Pemerintah telah melaksanakan prosedur dan mekanisme yang sudah ditetapkan oleh undang-undang No.86 tahun 2017 dan undang-undang No.90 tahun 2019 dan benar-benar ini akan menjadi acuan di dalam RKPD nanti begitu,” ujarnya.

Selaku waklil rakyat di daerah itu, Hason pun siap bersinergi bersama dan mengawal langkah langkah pemerintah dalam pembangunan. Dikatakannya, semua usulan yang disampaikan oleh kepala desa, Camat ataupun stakeholder yang ada, tentunya juga akan disesuaikan dengan anggaran pemerintah daerah.

Sebab, lanjut dia, jumlah Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Kutim tahun 2021 tidak mungkin langsung bisa mengakomodir semua usulan dan keinginan masyarakat.

Kendati demikian, Hason berharap, pemerintah daerah dapat mengambil langkah-langkah strategis dengan mengutamakan apa yang menjadi prioritas kebutuhan masyarakat setempat.

“Kan dengan demikian kami dan Pemerintah sudah turun langsung ke lapangan, dengan melihat kondisi seperti apa di lapangan. Nah ini kan sudah menjadi satu keputusan untuk mengambil satu kebijakan, dengan APBD yang begitu terbatas, tentunya kita akan memprioritaskan yang mana yang utama,” kata Hason.

Bagi, Hason, proiritas pembangunan yang dibutuhkan saat ini lebih bertumpuh kepada pembangunan insfratruktur. “Karena itu kata kunci bagi kami DPRD,” pungkasnya. (Adv).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *