Kebun Apel India, Potensi Agrowisata Kutai Timur

  • Whatsapp
Menilik Keindahan Apel India di Kebun Serdadu Cangkul Sangatta Selatan (Meri)

AKTUALBORNEO.COM – Mengamati potensi perkebunan sayur dan buah di Kutai Timur (Kutim) , kali ini kita menilik salah satu kebun sayur dan buah milik Sugiatno Harjo yang terletak di Gang Apel India, Kelurahan Rawa Gabus, Sangatta Selatan, Kutim.

Lahan seluas kurang lebih seperempat hektar yang ia miliki dimanfaatkan untuk bercocok tanam sayur-sayuran dan buah yang nantinya didistribusikan ke wilayah Kota Sangatta baik secara langsung kepada pembeli maupun pedagang yang akan menjual kembali produknya.

Uniknya, perkebunan yang ia namakan Serdadu Cangkul ini punya komoditi unggulan yaitu buah Apel India yang cukup banyak diminati dan masih langka di pasaran. Bahkan banyak pengunjung dari luar Kota Sangatta yang datang ke tempat ini untuk menikmati langsung buah Apel India ini.

“Dari 24 pohon yang ada, jumlah panen maksimal sebanyak 1,4 ton untuk sekali panennya. Dan semuanya langsung diserbu pengunjung yang datang ke kebun”, jelas pria yang lebih akrab dipanggil Eno ini.

Tidak hanya menyediakan supply sayuran dan buah, kebun Apel India milik Eno ini memiliki tampilan yang khas sehingga cukup menarik perhatian para pengunjung. Oleh karena itu, kebun Apel India ini sangat potensial sebagai salah satu Agrowisata di Kutim jika terus dikembangkan secara konsisten. (Meri/AB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *