Kodim 0909/KTM Salurkan Bantuan Tunai Rp600 Ribu untuk 5000 PKL, Warung dan Nelayan

  • Whatsapp
Kodim 0909/KTM Salurkan Bantuan Tunai Rp600 Ribu untuk 5000 PKL, Warung dan Nelayan

AKTUALBORNEO.COM – Sebanyak 5 ribu warga Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp600 ribu. Bantuan melaui Program Bantuan Tunai bagi Pedagang Kaki Lima, Pemilik Warung dan Nelayan (BT-PKLWN), itu diberikan untuk pedagang kaki lima, pemilik warung kecil dan nelayan yang disalurkan melalui institusi TNI, dalam hal ini Kodim 0909/KTM.

Secara simbolis, bantuan untuk PKL, pemilik warung kecil, dan nelayan telah diserahkan kepada para penerimanya. Prosesi penyerahan, dilakukan di Markas Kodim 0909/ Kutim, pada Jumat (8/4/2022).

Penyaluran bantuan dihadiri Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, S.Sos, Polres Kutim, Danlanal, serta sejumlah pihak terkait lainnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pangdam Kalimantan Timur beserta jajaran, dan khususnya hari ini kepada Kodim 0909 Kutai Timur yang akan menyerahkan BT-PKLWN ini kepada masyarakat Kutai Timur,” ucap Ardiansyah.

Bagi Ardiansyah, BT-PKLWN untuk masyarakat sangat berarti bagi Pemkab Kutim. Terlebih di tengah masih kondisi pandemi, serta pascabanjir, sehingga masyarakatnya sangat membutuhkan uluran tangan.

“Sungguh berarti sekali bagi pemerintah apabila masyarakatnya mendapatkan bantuan seperti ini, apalagi di tengah kondisi-kondisi Pandemi. Kemudian yang kedua kita juga baru mendapat musibah besar yaitu banjir,” ujar Ardiansyah.

Di tempat yang sama, Dandim 0909/KTM Letkol Czi Heru Aprianto mengatakan, BT-PKLWN atau bantuan tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung tahun ini, Kodim 0909/KTM mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan 5.000 paket penerima.

Baca juga: Asti Mazar Terpilih Aklamasi jadi Ketua Kwarcab Pramuka Kutim, Ini Tekadnya

Dikatakannya, tahun sebelumnya, Kodim 0909/KTM juga melaksanakan kegiatan yang sama, tapi jumlahnya hanya 1.200 paket penerima.

“Tentunya ini merupakan kepercayaan pemerintah, kami ucapkan terima kasih. Ini tentunya merupakan kebanggan bagi kami Kodim 0909 Kutai Timur yaitu menyalurkan bantuan BT-PKLWN untuk tahun 2022 ini,” ujar Heru Aprianto.

Heru Aprianto menyatakan, para penerima BT-PKLWN Kutim sebelumnya telah didata dengan melalui verifikasi yang ketat. Verifikasi dilakukan untuk menghindari duplikasi penerima bantuan. Hasilnya, 5.000 jumlah penerima bantuan di Kutim, 4.394 di antaranya adalah pelaku PKL dan 606 orang penerima lainnya berprofesi sebagai nelayan.

Penyaluran bantuan BT-PKLWN di sejumlah kecamatan nantinya juga akan disalurkan oleh Koramil masing-masing.

“Besar harapan kami agar nantinya bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan usaha penerima bantuan masing-masing,” ucap Heru Aprianto.

Heru Aprianto juga tak lupa menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan, serta mengingatkan warga untuk tetap menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dalam berbagai aktifitas keseharian.

Sementara itu, Sarni salah seorang PKL yang mengaku sebagai penjual gado-gado di Jalan Pendidikan mengaku senang bisa mendapatkan BT-PKLWN yang disalurkan Kodim 0909/KTM. Dirinya mengaku baru pertama kalinya mendapatkan bantuan BT-PKLWN.

“Ya senang, saya ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan ini. Terima kasih untuk Kodim 0909/Kutai Timur dan juga terima kasih kepada Pemerintah,” imbuhnya.(*).

 

Penulis : Imran

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.