Lantik 152 Anggota BPD, Bupati Kutim Minta Kades dan BPD Bersinergi

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman melantik 152 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih dari lima kecamatan di 20 desa yang ada di wilayah Kabupaten Kutim masa jabatan 2021-2027. Pelantikan digelar di Ruang Akasia, Gedung Serba Guna (GSG), Bukit Pelangi, Kamis (15/4/2021) siang.

Anggota BPD yang dilantik ini berasal dari 20 desa di 5 kecamatan. Untuk Kecamatan Muara Wahau, terdapat 9 desa yakni, Desa Wahau Baru, Desa Muara Wahau, Desa Karya Bakti, Desa Wanasari. Masing-masing desa ini memiliki sembilan anggota yang dilantik.

Sedangkan masing-masing desa dari 5 anggota yang dilantik lagi yaitu desa Desa Dabeq, Desa Benhes, Desa Nehes Liah Bing, Desa Jak Luay, dan Desa Diak Lay dari Kecamatan Muara Wahau.

Untuk Kecamatan Kongbeng ada 7 desa, antar lain: Desa Kongbeng Indah, Desa Suka Maju, Desa Makmur Jaya, Desa Marga Mulya, Desa Sidomulyo dan Desa Miau Baru. Dari 6 dari 7 desa ini masing-masing memiliki sembilan anggota BPD yang dilantik. Hanya 1 desa yakni, Desa Seripantun yang memiliki 5 anggota BPD yang dilantik.

Selanjutnya, Kecamatan Sangatta Utara ada 2 desa yaitu 9 anggota BPD Desa Singa Gembara dan 9 anggota di Desa Sangatta Utara. Sedangkan Kecamatan Muara Ancalong, antara lain Desa Long Tesak dengan 5 anggota BPD.

Di Kecamatan Telen, yakni Desa Long Noran yang memili lima anggota BPD yang dilantik.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengucapkan selamat kepada seluruh anggota BPD yang telah dilantik. Ia mengatakan menjadi anggota BPD adalah perpanjangan tangan dari masyarakat di desa yang diwakili. Dengan demikian, kata dia, anggota BPD memiliki tugas yang strategis untuk memajukan desa.

“Harus mempersiapkan, merencanakan program-program serta menggali potensi desa yang bakal menjadi pendapatan desa,” ujarnya.

Ardiansyah menyatakan, saat ini semua dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang cepat, agar tidak miss komunikasi, anggota BPD bersama Pemdes harus membuat regulasi desa. Mulai dari pendapatan desa sampai kemajuan desa.

“Manfaatkan tugas pokok dan fungsi tersebut. Sebagaimana perundangan undangan yang berlaku. Jangan sampai ada yang melenceng. Saya percaya kalian memiliki integritas yang tinggi,”pesannya.

Dalam pelantikan itu turut dihadiri Wabup Kasmidi Bulang, Seskab Irawansyah, Asisten Pemkesera Suko Buono, Plt DPMD Kutim Rakhmat Rosadi, Plt Itwil Kutim Jasrin, para Camat, para Kades dan undangan lainnya. (adv).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *