Latgab Mitigasi Karhutla, Muspika Kaliorang dan PT KPP Simulasi Taklukkan Si Jago Merah

  • Whatsapp

Aktualborneo.com – Muspika Kaliorang bersama PT Kalimantan Prima Persada (KPP) Jobsite Inde mengadakan pelatihan gabungan (Latgab) pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk renspon tanggab akan potensi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kutai Timur, khusunya di Kecamatan Kaliorang.

Bertempat di Fireground komplek perumahan PEP, kegiatan latihan bersama penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Kaliorang dimulai, Selasa (08/06/2021) sore. Turut hadir dalam acara tersebut Kapolsek Kaliorang, Perwakilan Kecamatan Kaliorang, Perwakilan Koramil Bengalon, Team Emergency Response Team (ERT) PT. KPP.

Kegiatan ini diawali dengan apel pagi dan arahan dari kapolsek Kaliorang AKP Rihard Nixon, S.H. Kegiatan latihan bersama penganggulangan kebakaran dan lahan kali ini dilanjutkan dengan simulasi pemadaman api menggunakan beberapa alat pemadam kebakaran.

Permasalahan kebakaran lahan hutan yang ada di Kecamatan Kaliorang tidak hanya terjadi akibat faktor alam semata, seperti musim kemarau yang berkepanjangan, melainkan terkadang disebabkan oleh ulah manusia misalnya membuang puntung rokok maupun dengan sengaja membakar lahan kering.

Ditahun 2021 ini, Kecamatan Kaliorang lebih siap baik dari sisi sumberdaya manusia maupun sarana pendukung di lapangan. Kesiapan dan komunikasi yang bagus antar instansi diharapkan dapat menjadi “pemadam” kebakaran hutan dan lahan yang jitu, karena dengan hal tersebut dapat meminimalisir potensi kebakaran hutan meluas. (*/Redaksi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *