Lebaran Kedua, Kasus Positif Covid-19 di Kaltim Nol

  • Whatsapp
Rilis BPBD Kaltim per Jumat 14 Mei 2021, Ilustrasi update COVID-19 - (Pixabay/thedarknut)

Aktualborneo.com – Lebaran kedua tahun ini sejumlah daerah melaporkan nol kasus positif Covid-19. Kabar ini tentu sangat menggembirakan karena biasanya, tambahan harian kasus positif berada pada angka puluhan hingga ratusan kasus.

“Beberapa daerah memberi laporan nol kasus pada lebaran kedua, Jumat 14 Mei 2021 kemarin. Tentu ini kabar yang sangat menggembirakan,” kata Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim Yudha Pranoto, Sabtu (15/5/2021).

Sejumlah kabupaten dan kota yang melaporkan nol kasus positif pada lebaran kedua tahun ini adalah Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara (PPU), dan Samarinda.

Sedangkan tambahan konfirmasi positif pada Jumat kemarin hanya 13 kasus. Masing-masing berasal dari Berau 7 kasus, Kutai Timur 1 kasus, Balikpapan 4 kasus dan Bontang 1 kasus.

“Jika kondisi seperti ini bisa terus dipertahankan, kita optimis Covid-19 akan segera berakhir dari bumi Kalimantan Timur,” yakin Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim itu.

Meski demikian, Yudha tetap mengingatkan masyarakat untuk waspada. Apalagi momen lebaran masih dimanfaatkan masyarakat untuk berkumpul dan bersilaturahmi.

Potensi penularan sangat mungkin terjadi untuk kasus-kasus orang tanpa gejala (OTG). Misalnya pada saat silaturahmi keluarga dan acara makan bersama.

Begitu juga saat berada di tempat-tempat keramaian, seperti mal, pusat perbelanjaan, pasar tradisional dan kafe.

“Kewaspadaan juga harus diterapkan di tempat-tempat wisata. Biasanya saat akhir pekan (Sabtu dan Minggu) tempat wisata pantai akan diserbu pengunjung. Tetap waspada agar tidak terjadi ledakan angka positif setelah itu,” tegasnya. (sul/yans/humasprovkaltim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *