Lebih 3 Juta Orang Hadiri Haul Guru Sekumpul

Aktualborneo.com,- Jamaah Ulama kharismatik KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul memenuhi Kota Martapura Kabupaten Banjar untuk mengikuti haul ke-19.

Kapolres Banjar AKBP Ifan Hariyat menyatakan haul dihadiri 3.300.020 orang. “Angka itu kami dapat dari server seluler,” jelasnya di Posko Pengamanan Sekumpul.

Jumlah tersebut didukung data kendaraan jemaah di lokasi parkir. Ifan mengatakan untuk bus ada 601 unit dari 15 titik parkir. Mobil sebanyak 151.119 dari 196 titik, sepeda motor ada 1.200.094 dari 387 titik dan 533 kelotok.

Jamaah yang membeludak juga  memadati pusat perbelanjaan Q Mall, yang berada di perbatasan Banjarbaru-Martapura. Mereka menempati teras toko menggunakan alas.

Tidak hanya di lantai dasar, jamaah memadati setiap lantai di pusat perbelanjaan tersebut.

Hal yang sama juga terlihat di lokasi parkir kendaraan roda empat

Kegiatan haul dilakukan usai salat magrib yang diimami Guru Sa’duddin Salman. Pembacaan maulid habsyi dan tahlil dipimpin ahli waris Guru Sekumpul.

Haul kali ini terasa berbeda dari sebelumnya. Tidak tampak di layar siaran, kedua putra Guru Sekumpul yakni Muhammad Amin Badali dan Muhammad Hafi Badali Al-Banjari.

Namun info dari sejumlah sumber, keduanya berada di balik mihrab Musala Ar-Raudhah.

Selain itu kali ini tidak ada pembacaan manakib sehingga acara haul berjalan lebih singkat tidak seperti tahun- tahun sebelum nya.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *