Lewat LAPOR SP4N, Warga Kutim Bisa Langsung Mengadu ke Pemkab

  • Whatsapp
Warga Kutim Sebentar lagi Bisa Langsung Mengadu ke Pemkab Melalui LAPOR SP4N
Ilustrasi

AKTUALBORNEO.COM – Warga Kutai Timur (Kutim) sebentar lagi bisa menyampaikan usulan, bahkan pengaduan langsung secara online kepada pemerintah daerah.

Dinas Komunikasi dan Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik) Kutim baru saja melaksanakan Sosialisasi dan workshop self assessment terkait progam tersebut

Sosialiasi dan workshop dengan mama Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) sebagai Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), digelar di Hotel Royal Victoria Sangatta, Selasa (28/6/2022).

Kegiatan tersebut didukung USAID Sustainable Environmental Governance Across Region (SEGAR) dan dibuka oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Ardiansyah mengaku menyabut positif progtam tersebut. Dirinya menilai aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) menjadi solusi, terutama dalam menangkal dan menyaring berita atau laporan hoax yang beredar.

“Lewat SP4N Lapor menampung laporan warga yang bisa dipertanggung jawabkan. Karena orang yang melaporkan di situs ini betul-betul berniat menyampaikan informasi demi perbaikan pelayanan publik,” ucapnya.

Ardiansyah meminta agar organisasi perangkat daerah (OPD), pemerintah kecamatan segera menyesuaikan kebutuhan guna menjadi bagian dari SP4N LAPOR.

“Contoh Rumah Sakit, Pemadam kebakaran, BPBD untuk segera terintegrasi dengan SP4N Lapor,” pintanya.

Seperti diketahui, SP4N LAPOR merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terintegrasi secara Nasional dengan laman akses website www.lapor.go.id. juga dapat di download di play store dengan mengetik SP4N LAPOR.

LAPOR! telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015.

Sekretaris Kominfo Perstik Ronny Bonar melaporkan kegiatan sosialisasi didukung beberapa kementerian serta Lembaga Pembagnunan Internasional Amerika Serikat. Dalam sosialisasi nanti akan disampaikan ugensi penyusunan SP4N Lapor bagi pemerintah daerah.

“Nanti akan dijelaskan tahapan penyusunan pengaduan, mengidentifikasi pengaduan hingga pengolahan pengaduan di instansi Kabupaten yang hasil laporan terintegrasi dengan pemerintah pusat, ” ungkapnya.

Dalam sosialisasi yang digelar di Ballroom Hotel Royal Vitoria ini turut hadir Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Kadis Kominfo Provinsi Muhammad Faisal, Kadis Kominfo Perstik Kutim Ery Mulyadi, perwakilan USAID dan peserta workshop. (*).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.