Menjawab Keluhan Pelayanan Dari Pelanggan,Imam Saryoga Mengajak Pelanggan Setia PLN Untuk Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

  • Whatsapp

AktualBorneo.Com-Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,PT.PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Sangatta menjawab keluhan mengenai lambatnya penanganan layanan pengaduan melalui Call Center 123/Handphone (Kode Area) 123.

Saat dimintai keterangannya,Imam Saryoga selaku Manajer PT. PLN (Persero) ULP Sangatta,Rabu,(31/3/21) bertempat di Ruang Meeting Kantor PLN ULP Sangatta Jl. Yos Sudarso IV, Swarga Bara, Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur.

Imam mengatakan,jikalau menggunakan layanan Call Center 123 pelanggan akan diarahkan untuk mengakses layanan seperti informasi tagihan rekening listrik, pengaduan keluhan dan gangguan, dan informasi pasang baru, perubahan daya, dengan mengetik angka di handphone dan biasanya akan disuruh menunggu untuk dapat berbicara langsung dengan petugas pelayanan.

Dan itu memang membutuhkan waktu,terkadang menurutnya pelanggan tidak sabar untuk menunggu proses yang sedang berlangsung tersebut.

“Jadi kalau kita menghubungi ke Call Center 123,itu memang diarahkan untuk memilih layanan mana yang akan di pilih, setelah itu pelanggan akan menunggu petugas contact center untuk menerima pengaduan pelanggan tersebut”ucapnya.

“Kalau orangnya nggak sabar menunggu,mungkin mereka beranggapan,kok ini nggak ada tanggapan lalu Handphone dimatikan. Bisa jadi kejadiannya seperti itu”katanya.

Kemudian Imam menyampaikan, bahwa sekarang ini sudah ada aplikasi terbaru dari PLN untuk menyampaikan keluhan kepada PLN,yaitu Aplikasi berbasis Mobile yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam hal tersebut.

Diantara kemudahan yang dimaksud ialah,Kemudahan Ubah Daya,Catat Angka Meter Mandiri,Kemudahan Pengaduan Gangguan dan Keluhan,Kemudahan Memonitor Pemakaian Listrik Pascabayar,Kemudahan Pembelian Token prabayar, Swadaya catat meter, serta notifikasi pemadaman terencana.

“Sekarang ini PLN sudah mengeluarkan aplikasi berbasis mobile (PLN Mobile),fungsinya untuk memudahkan pelanggan dalam hal pelaporan keluhan gangguan,disana juga bisa tambah daya,disana juga bisa catat meter mandiri”imbuhnya.

Lanjut Imam menambahkan”Dikarenakan pandemi covid 19 ,mungkin ada pelanggan yang nggak mau orang luar masuk kerumah,sedangkan KWH meter nya kita (PLN) didalam terasnya rumah pelanggan kan ya?”terangnya.

“Nah aplikasi ini juga dilengkapi swadaya catat meter,jadi ditanggal 24 – 27 setiap bulannya bagi pelanggan yang sudah menginstall aplikasi PLN mobile ini,pelanggan bisa catat meter sendiri tanpa harus ada petugas”jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Manager PT.PLN(Persero)ULP Sangata yang mulai bertugas Desember 2020 ini,mengatakan bahwa hasil catat meter tersebut akan langsung realtime masuk ke sistem kita(PLN), tanpa harus ada petugas PLN yang melakukan pencatatan meteran listrik ke rumah-rumah pelanggan.

Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore dan Appstore dan itu bisa di download gratis. Setelah itu lakukan pendaftaran sesuai ID pelanggan PLN, selanjutnya aplikasi akan sepenuhnya bisa di gunakan oleh pelanggan setia PLN.(dps/AB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *