Operasi Yustisi di Kutim, Warga Tak Pakai Masker Langsung Dites Antigen

  • Whatsapp

Aktualborneo.com – Operasi yustisi kembali digelar di sejumlah lokasi di Kutai Timur (Kutim), meski di tengah hujan mengguyur, Kamis (5/8/2021) malam. Tes swab antigen pun dilakukan secara acak untuk memastikan kondisi kesehatan warga terkait persebaran Covid-19.

Pantauan di lokasi, operasi mengambil star dari depan Mako Lantas lalu belok ke Jalan Karya Etam ke Jalan Yos Sudarso II – III, ke Jalan Hidayatullah, Jalan Pendidikan, kemudian menuju Jalan Melati, lalu mengarah ke Jalan Margo Santoso dan Jalan Inpres.

Pada saat operasi ini dimulai warga yang masih ditemukan berkerumun dan tidak memakai masker lansung disinggahi kemudian dari Dinkes Kutim melakukan swab antigen.

Meski demikian, petugas tampak tetap besikap humanis, sopan santun dan menyepa dengan senyum setiap warga yang ditemui dan disinggahi di tengah kerumunan tapi tak menggunakan masker. Salah satu tempat disinggahi petugas, yaitu stand Ojek Hidayatullah, dua warga yang tak menggunakan masker lalu di swab antigen. Namun beruntung hasil keduanya negatif.

“Bila ada warga setelah dilakukan swab antigen reaktif Covid-19 langsung dikawal kerumahnya untuk dilakukan Isoman (isloasi mandiri) lalu diberikan pengarahan dengan keluarganya sesuai dengan prokes,” Kasat Sabhara Polres Kutai Timur AKP Pujito.

Karena hujan mengguyur, operasi giat Yustisi dan Swab Antigen di lapangan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Pun begitu, operasi tetap terlaksana dalam rangka menegakkan pendisiplinan kepada warga terkait penerapan protokol kesehatan di tengah kondisi PPKM Level IV.

Sebelum melakukan operasi, petugas 3 pilar (Pemerintah, TNI dan Polri) melakukan rapat koordinasi di Makolantas Polres Kutim dengan Tema “Operasi Giat Yustisi Prokes dan Swab Antigen”. Rapat tersebut dijelaskan bertujuan untuk penegakan protokol kesehatan (Prokes) 5M dalam rangka mengcegah, mengurangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hadir dalam rapat ini, Kasat Sabhara AKP Pujito mewakili Kapolres Kutim, lalu Pasiop I Lettu Gunawan P mewakili Damlanal Sangatta, Dandim 0909 Sangatta diwakili oleh Letda Sutikno, Kabid Rehabilitasi dan Konstruksi R Irawan ST mewakili Kepala BPBD Kutim, Imran mewakili Kadishub Kutim, Yusuf mewakili Dinkes Kutim, dan Kasatpol PP diwakili Oleh Zainal Arifin. (Lukman/Fitrah/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *