Optimalkan BLK Hingga Rancang Program Magang, Pemkab Kutim Dorong Peningkatan SDM

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia telah dituangkan dalam visi pertama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim). Hal ini pula disampaikan oleh Bupati Kutim, H. Ardiansyah Sulaiman beberapa waktu lalu paska Paripurna Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pemkab Kutim tahun 2020, Kamis (1/4/21).

Sebagai langkah tindak lanjut, Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kutim, Sudirman Latif menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan kegiatan pelatihan keterampilan.

Adapun terkait kegiatan pelatihan keterampilan saat ini sudah mulai berjalan. Lewat UPTD. Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Mandiri, pemerintah mengadakan beberapa latihan keterampilan yang diperuntukkan bagi masyarakat Kutim diantaranya pelatihan las, mekanik kendaraan ringan, instalasi listrik, mekanik alat berat, servis AC, menjahit, komputer, tata boga, pertanian, dan soft skill.

Selain kegiatan tersebut, pemerintah daerah juga tengah merencanakan program pemagangan untuk meningkatkan SDM calon tenaga kerja agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

“Untuk mengawali kegiatan tersebut, terlebih dahulu akan segera dibentuk Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP). Nantinya kita akan bekerja sama dengan perusahaan untuk menerima calon tenaga kerja. Setelah selesai pemagangan, perusahaan boleh merekrut tenaga yang telah dimagangkan,” papar Sudirman dalam wawancara via Whatsapp, Kamis (8/4/21).

Ia pun menyampaikan, pemerintah melalui Disnakertrans Kutim akan memfasilitasi tenaga kerja yang tidak direkrut untuk penempatan pada perusahaan yang membutuhkan sesuai dengan kompetensi yang ada. (Meri/AB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *