Pasca Banjir Sangatta, Sampah Menumpuk di Jalan Mulai Dibersihkan

AKTUALBORNEO.COM – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman menginstruksikan seluruh jajarannya untuk kerja bakti membersihkan lumpur dan sampah sisa banjir, Kamis (24/3/2022).

Banjir memang sudah surut, tapi sampah-sampah bekas banjir menumpuk di sejumlah titik jalan protokol sepanjang jalan Yos Sudarso Sangatta Utara. Saking banyaknya, sampah-sampah itu bahkan meluber hingga ke jalanan dan mengganggu warga yang melintas.

Jika dalam kondisi normal, sampah yang dibuang ke tong sampah adalah sampah domestik atau sampah rumah tangga, maka pasca banjir jenis sampah makin beragam. Selain perkakas rumah tangga yang terbuat dari kayu dan lainnya, sampah yang menggunung juga terlihat seperti karpet plastik yang penuh dengan lumpur bekas banjir.

Jika tidak diatasi dengan cepat, maka hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan baru, yaitu yang berkaitan dengan kesehatan dan keindahan kota.

“Hari ini InsyaAllah jam dua (pukul 14.00 Wita) kita akan bersama melakukan itu bersama komponen yang terlibat dalam kedaulatan ini ikut juga terlibat sama-sama,” ucap Ardiansyah.

Dalam bersih-bersih sampah, Ardiansyah turun langsung bersama petugas gabungan, relawan dan pihak perusahaan. Akasi gotong royong serentak itu diawali dengan kegiatan apel.

Usai apel, mereka kemudian bergerak menyusuri sepanjang jalan Yos Sudarso untuk memungut sampah lalu menyimpannya di atas truk yang telah disiapkan. Aksi itu dilakukan secara bertahap, dimulai dari jalan poros Yos Sudarso I, II, III, dan IV. (Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *