Pelestarian Adat Budaya Bersih Desa-Sedekah Bumi Warga Kaliorang di Tengah Pandemi

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Bersih Desa-Sedekah Bumi merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat Indonesia. Di Kutai Timur (Kutim) khususnya, ritual Bersih Desa-Sedekah Bumi dilakukan masyarajat setiap tahunnya. Seperti halnya masyarakat Desa Desa Citra Manunggal Jaya, Kecamatan Kaliorang, di bulan Muharram tahun ini.

Ritual Bersih Desa-Sedekah Bumi di Desa Citra Manunggal Jaya merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam. Ritual ini didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga sebuah desa atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang.

Ritual Bersih Desa sendiri terdiri dari beberapa tahapan, diawali dengan kerja bakti membersihkan lingkungan yang dilakukan oleh seluruh warga desa baik membenahi jalan atau gang-gang, selokan, pos ronda agar terlihat rapi dan bersih.

Tidak jauh berbeda dengan hal tersebut, Bersih Desa-Sedekah Bumi Desa Citra Manunggal Jaya, sebagai ungkapan rasa syukur dan tolak balak.

“Bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan selama ini, terlebih nikmat sehat dan berharap agar wabah Corona cepat hilang dari bumi Indonesia,” kata Camat Kalioramg M Riduwan, Senin (30/8/2020).

Dalam cara itu, warga Desa Citra Manunggal Jaya menyiapkan hidangan dari hasil bumi. Hidangan dimakan bersama setelah bersama-sama membaca doa.

Selain dihadiri warga, acara ini juga dihadiri Camat Kaliorang, Babinsa Kaliorang, Babinkantibmas Kaliorang, Pendamping Desa, Kepala Desa, BPD, Lemba Adat, Staf Desa, Kadus dan RT.

Karena dalam masa pandemi, maka kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehtan Covid-19.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *