Peletakan Batu Pertama Ibu Kota Negara Baru

  • Whatsapp

AktualBorneo.Com- JAKARTA, Presiden Joko Widodo disebut akan melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Ibu Kota Negara di Sepaku, Penajam, Kalimantan Timur, tahun ini.

Hal tersebut dikemukakan oleh Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman kepada wartawan di Jakarta, Jumat (5/3/2021). “Kita dapatkan informasi dari menteri Bappenas, beliau dalam rapat bersama presiden mengatakan bahwa tahun ini direncanakan peletakan batu pertama istana presiden,” kata Fadjroel.

“Ini menurut menteri Bappenas, tahun ini direncanakan peletakan batu pertama ibu kota negara kita di Sepaku Penajam Kaltim,” katanya.

Saat ini, sambung Fadjroel, pemerintah tengah melakukan penyelesaian regulasi terkait dengan Ibu Kota Negara baru. Kemudian, sambung Fadjroel, juga dilakukan penyelesaian terkait dengan tata ruang.

“Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (IKN -red) baru akan diselesaikan bersama DPR,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR, DPR, DPD Tahun 2019 menyampaikan izin kepada semua pihak untuk memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan. Jokowi mengatakan, beban Jakarta dan Pulau Jawa sudah terlalu berat.

Sejalan dengan pernyataan Presiden Jokowi, Bappenas merilis 4 alasan yang mendasari dipindahnya Ibu Kota Negara ke Kalimantan. Di antaranya, penduduk Jawa yang terlalu padat, kontribusi ekonomi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), krisis ketersediaan air, dan konversi lahan di Jawa mendominasi.

Sumber : Artikel KOMPAS.TV

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *