Pemilihan Pengurus LPM Singa Gewe Rasa Pilkada, Warga Antusias Salurkan Aspirasi di Bilik Suara

  • Whatsapp

Aktualborneo.com – Kamis (24/6/2021), suasana tampak semarak di Kelurahan Singa Gewe, Kecamatan Sangatta Selatan Selatan, Kutai Timur (Kutim). Sejak pagi, warga berdatangan ke lokasi tempat pemungutan suara untuk menyalurkan aspirasinya.

Demokratis, pun kreatif. Namun, penyaluran aspirasi ini bukan pemilihan kepala daerah (Pilkada) seperti yang telah rampung digelar pada tahun 2020 lalu, melainkan pemilihan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Pun demikian, tata cara yang digelar layaknya Pilkada, setiap peserta pemilih yang datang memilih mengambil lembar surat suara ke ruang pencoblosan sederhana, lalu memasukkan surat suara ke kotak suara dari  boks kayu.

Walaupun pelaksanaan pemilihan tersebut berlangsung sederhana, namun warga sekitar cukup antusias melakukan pencoblosan.

Dalam pemilihan tersebut terdapat 12 calon sebagai kandidat, namun hanya ada 5 pengurus yang akan terpilih. Ketentuan setiap calon pengurus berdasarkan jumlah suara yang diperoleh, suara tertinggi pertama sampai tertinggi kelima inilah yang kemudian berhak menjadi pengurus LPM Kelurahan Singa Gewe.

Adapun ketua LPM Kelurahan Singa Gewe sendiri, kata pantia penyelenggara pemilihan, akan ditentukan serta disepakati kemudian oleh 5 pengurus terpilih. Harapan kepada pengurus terpilih, bisa memberikan kontribusi terbaik buat Kelurahan Singa Gewe.

“Jagan sampai fakum seperti yang sebelum-sebelumnya, itu menjadi bahan pembelajaran. Makanya kita mengadakan pemilihan dengan cara seperti ini, tujuan kita adalah menghasilkan figur-figur yang memang diharapkan oleh masyarakat,” tuturnya.

Ketua Forum RT Kelurahan Singa Gewe, Muhammad Ramli mengaku bangga dengan mekanisme pemilihan LPM yang digelar secara demokratis tersebut. Dia menyebut jumlah pemilih dalam pemilihan yang digelar mulai pukul 10.00 Wita tersebut sebanyak 43 orang.

“Jumlah pemilih 43 orang, peserta pemilih dari RT, RW terus yang mewakili PKK,” ujarnya.

Dia berharap, pengurus LPM terpilih dapat bersinergi dengan ketua RT yang ada di Kelurahan Singa Gewe dalam melaksanakan tugas dan fungsinya yang lebih baik.

“Harapannya untuk pembentukan LPM baru ini semoga bersinergi dengan RT yang bisa mengawasi pekerjaan-pekerjaan di Kelurahan Singa Gewe, Kecamatan Sangatta Selatan. Seperti apa kekurangannya bisa dibantu, bisa berkoordinasi dengan lurah, RW dan RT setempat. Kita sama-sama membangun tanpa terkecuali untuk kemakmuran Singa Gewe, Sangatta Selatan,” ucap Muhammad Ramli.

Mewakil pengurus terpilih, Dodi Harianto menyatakan siap berkontribusi untuk kemajuan Kelurahan Singa Gewe. Selain Dodi Harianto, empat pengurus terpilih LPM Kelurahan Singa Gewe lainnya, yaitu Dewi Kumalasari, Sukriadi, Andi Teri Gau, dan Nur Aliah.

“Mari kita sama-sama saling bergandengan tangan untuk membangun Singa Gewe lebih maju lagi,” ucap Dodi Harianto. (Fitrah-Lukman/Red).*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *