Pemkab Kutim Salurkan Bantuan ke 29 Poktan Sangatta Utara dan Selatan Terdampak Banjir

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim)  menyalurkan bantuan kepada 29 Kelompok Tani (Poktan) didua Kecamatan yang terdampak banjir Sangatta pada bulan Maret 2022 yang lalu. 15 Poktan dari Kecamatan Sangatta Selatan dan 14 Poktan dari Kecamatan Sangatta Utara. Bantuan itu berupa benih sayur – sayuran, pupuk NPK, dolomit dan mulsa.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman secara simbolis kepada UPT P4 Sangatta Utara Samsuddin dan UPT P4 Sangatta Selatan Salehuddin bertempat di Gedung BPU Sangatta Selatan, Sabtu, 17/12/2022.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyempatkan diri bersama rombongan dengan melakukan penanaman perdana bawang merah bersama  Poktan Prima kemudian meninjau tanaman holtikultura milik Poktan Adem Ayem di Sangatta Selatan.

Pada kesempatan itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan, banjir yang melanda Kota Sangatta beberapa bulan yang lalu sangat besar sehingga menjadi status tanggap darurat. Apalagi masuk status tanggap darurat ada konsekuensi logis, karena masuk perhatian secara nasional oleh Presiden melalui Kementerian terkait. Oleh karena itu, Pemerintah saat itu mendesain dan melaksanakan berbagai solusi.

“Diantaranya dari hasil cek lapangan, untuk para petani, baik yang di Sangatta Utara dan di Sangatta Selatan yang paling banyak terdampak. Kita berikan bantuan bibit dan lain – lainnya,”Ucapnya.

Meskipun, sambungnya, selesai banjir petani kembali menanam dan juga sudah panen berkali – kali. Namun melalui bantuan ini, Dirinya berharap dapat membangkitkan kembali harapan petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Sehingga mendukung Kutim sebagai daerah yang  mandiri dibidang Holtikultura.

“Semoga saja berhasil,” Ujarnya dihadapan Ketua TP PKK Kutim Siti Robiah, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kutim Awang Amir, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kutim Irma Yuwinda, Plt Kabid Ketahanan Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kutim Subaidah, unsur muspika dan undangan lainnya.

Sementara Camat Sangatta Selatan Cita Nurhasanah mengutarakan bahwa seluruh warganya sangat merasakan dampak banjir yang melanda Kota Sangatta beberapa waktu yang lalu. Apalagi petani yang sebentar lagi panen malahan terkena banjir dan gagal total panennya.

“Semoga bantuannya bisa meningkatkan kesejahteraan petani,” Pungkasnya. (Kopi7/3)

Pemkab Kutim Salurkan Bantuan ke 29 Poktan Sangatta Utara dan Selatan Terdampak Banjir

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *