Pertama Kali Dilakukan, RSUD Kudungga Berhasil Lakukan Operasi Bedah Saraf Tulang Belakang

Operasi Bedah Saraf Tulang Belakang yang Dilakukan RSUD Kudungga Sangatta.

AKTUALBORNEO.COM – Meski Pertama kali dilakukan, namun operasi bedah saraf tulang belakang (Laminektomy) berhasil dilakukan.

Operasi itu dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga Sangatta milik Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim), Sabtu (18/11/2023) lalu.

Bacaan Lainnya

Dimana operasi yang dilakukan kepada pasien laki-laki 17 tahun yang mengalami kecelakaan dan terjadi multiple fraktur pada saraf tulang belakang.

Demikian dikatakan Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kudungga dr Hj Yuwana Sri Kurniawati.

Dia menjelaskan, tindakan operasi dilakukan oleh tim dokter yang terdiri dari dr Heru Kustono SpBS (Spesialis Bedah Saraf), dr Ade Hashman SpAn (Anestesi) beserta tim OK atau kamar operasi.

“Tentunya didukung alat kesehatan yang memadai, berupa C – Arm Radiography Fluoroscopy (C-Arm) yang bersumber dari dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) 2022, C-Arm yakni alat radiologi yang berbentuk seperti huruf C,” jelasnya.

“Penggunaannya dibutuhkan dalam proses operasi untuk melihat gambar atau objek yang dapat dilihat langsung dengan cara fluoroskopi,” sambungnya.

Dikatakannya, gambar yang diperoleh tersebut kemudian ditampilkan dengan bantuan layar monitor.

“Alat ini mampu menunjang proses pelayanan medis dan diagnosis penyakit tertentu, C Arm juga menjadi pilihan langkah penanganan dalam menunjang kesembuhan penyakit organ dalam dan tulang,” katanya.

Lebih lanjut, dengan alat ini, pemeriksaan dalam tubuh dengan mudah dapat dideteksi.

“Alhamdulillah operasi berjalan lancar dan saat ini pasien sedang pemulihan pascaoperasi dengan hasil yang baik. Pasca pemulihan akan dilakukan tim rawat bersama dokter spesialis bedah syaraf, dokter spesialis saraf dan dokter spesialis rehabilitasi medik,” ucapnya.

Dijelaskannya, sejak November 2022, RSUD Kudungga sudah memiliki satu dokter spesialis bedah saraf yaitu dr Heru Kustono Med Klin SpBS.

“RSUD Kudungga juga telah sukses beberapa kali melaksanakan operasi bedah syaraf kepala ( craniotomy),” ungkapnya.

Dia menyebut di Kalimantan Timur (Kaltim) baru ada empat rumah sakit yang memiliki dokter spesialis bedah saraf yaitu RS Kanujoso Balikpapan, RS AW Syahranie Samarinda, RSUD Kudungga Sangatta dan RSUD Parikesit di Tenggarong.

“Hadirnya dokter spesialis bedah saraf maka RSUD Kudungga sudah dapat melakukan operasi cranitomi atau bedah tengkorak,” terangnya.

Untuk menolong menyelamatkan nyawa pasien dengan perdarahan otak pada pasien kecelakaan ataupun stroke hemoragik.

Berikutnya pasien dengan tumor otak atau penyumbatan pembuluh darah otak.

“Sejak awal tahun 2022 lalu sudah banyak kemajuan di RSUD Kudungga hasil kerja keras seluruh dokter dan staf termasuk hasil pengadaan C-Arm,” pungkasnya. (Adv/Zr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *