PKRI Bengalon Turut Berpartisipasi Bantu Warga Terdampak Banjir

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Banjir yang melanda Kecamatan Bengalon, Kutai Timur, Kaltim membuat banyak pihak turun tangan menyalurkan bantuan, tidak terkecuali pengurus Perintis Kemerdekaan Indonesia (PKRI) Kecamatan Bengalon.

Sudarmawan, pengurus PKRI Kecamatan Bengalon menyatakan pihaknya turut membantu menyalurkan bantuan korban banjir sebagai bentuk kemanusiaan.

Dalam pendistribusian bantuan, kata Wawan- sapaan Sudarmawan, dirinya bersama Pemerintah Kecamatan Bengalon, Pemerintah Desa – Desa setempat, Badan Penanggulangan Bencana ( BPBD ) Kutim dan Pasukan TAGANA, Dinas Sosial Kab. Kutai Timur serta Lanal Bengalon, Damramil Bengalon dan Polsek Bengalon.

Wawan menuturkan bahwa sebagian warga terkadang terlambat tersentuh bantuan karena personil masih belum menjangkau mereka lantaran dampaknya cukup luas.

“Khususnya 30 warga di Perdau Dalam, Desa Sepaso Selatan sehingga sehingga ibu dari Ketua PKRI langsung kordinasikan kepada Pihak Kecamatan Bengalon, Desa Sepaso Selatan, BPBD Kutim, Tagana Dinas Sosial Kutim, Lanal Bengalon, Damramil Bengalon dan Polsek Bengalon untuk segera didistribusikan dengan menggunakan perahu,” jelas Wawan, 9 Desember 2021.

Sambung Mawan, bantuan pun kemudian langsung dibagikan oleh Camat Bengalon bersama Tagana Dinas Sosial Kutim, Damramil Bengalon, Lanal Bengalon, Polsek Bengalon dan Tim PKK Kecamatan dan Desa setempat maupun Pengurus PKRI Kec. Bengalon dan Perusahaan sekitarnya kepada warga yang yang terkena dampak banjir bandang tersebut.

Banjir di Kecamatan Bengalon mengakibatkan tujuh ( 7 ) Desa yang terkena dampak banjir. Tim relawan dan petugas saling kerjasama dalam mendistribusikan bantuan sembako dari pemerintah, masyarakat dan perusahaan kepada warga yang terkena dampak banjir bandang tersebut.

Para korban banjir setidaknya mendapatkan 800 paket bantuan berupa sembako yang berisikan beras 5 Kg, Gula Pasir, Roti Hatari, Minyak Goreng, Telur, Kopi, Teh, Mie, Daia, Tepung Mila dan Susu Kental Manis Bantuan tersebut di antaranya datang dari perusahaan – perusahaan yang beroperasi wilayah Kecamatan Bengalon yang terhimpun kedalam FCRB ( PT. KPC, PT. MADHANI, PT. PAMA, PT. DH, PT. KJP, PT. GA, PT. OKE, PT. KBE, PT. PEN, PT. Tretes, PT. AEL, PT. BPJ dan PT. Epiroc ). Bantuan di antaranya diserahkan oleh perwakilan FCRB ( Forum Community Relation Bengalon ) kepada para kepala Desa setempat yang disaksikan oleh Camat Bengalon Suharman, Lanal Bengalon, Danramil Bengalon, Polsek Bengalon, BPBD Kutim, Dinas Sosial Kutim dan Pengurus PPKRI Kec. Bengalon pada 6 Desember 2021.

Jumlah bantuan yang diserah terimakan antara lain :
1. 150 Paket untuk Desa Sepaso Timur
2. 150 Paket untuk Desa Sepaso
3. 350 Paket untuk Desa Sepaso Selatan
4. 150 Paket untuk Desa Sepaso Barat.

Selain menyalurkan bantuan, Dinas Sosial Kutim dan BPBD Kutim kerjasama dengan Kecamatan Bengalon dan 7 ( tujuh ) Desa setempat yang dibantu oleh FCRB membuka dapur umum yang dikelola dan didistribusikan oleh Tim PKK Kecamatan Bengalon dan Desa – Desa setempat, Khususnya Tim PKK Desa Sepaso Timur dan Desa Sekurau Atas serta Tagana Dinas Sosial Kutim, Damramil Bengalon, Lanal Bengalon, Polsek Bengalon dengan Pengurus PKRI Kec. Bengalon dan Perusahaan sekitarnya turut membantu dalam pendistribusian 2500 Nasi bungkus yang sudah disediakan tiap hari kepada warga yang terkena dampak banjir bandang tersebut. (Lukman/AB).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.